Berita

Sampah Menumpuk di Beberapa Titik: Madina Hanya Punya 7 Armada Pengangkut

MADINA, FaseBerita.ID – Kabupaten Mandailing Natal hanya memiliki tujuh armada pengangkut sampah yang beroperasi di seluruh kawasan kabupaten itu. Maka, seringkali sampah-sampah menumpuk di beberapa titik di pinggiran jalan dan bibir gang kecil di Panyabungan Kota dan kecamatan lainnya di Kabupaten Mandailing Natal.

Sebab itu juga, aroma busuk menyeruak dan mengganggu kenyamanan, terutama bagi warga sekitar tumpukan sampah yang telah tertahan berhari-hari.
Kepala Bidang Lingkungan Hidup di Dinas Lingkungan Hidup Madina, Abdul Kholik menuturkan, sesungguhnya untuk wilayah seluas Kabupaten Madina yang memiliki 23 Kecamatan dan produksi sampahnya yang rata-rata terangkut di atas 10 ton, membutuhkan minimal 15 Armada. Sejenis dumptruk colt diesel.

“Armada kita ada sembilan sebenarnya. Tapi dua lagi rusak. Sudah beberapa kali kita pengusulan, di renbang (Rencana pembangunan) dan di komisi. Tapi pas di Banggarnya tidak terjadi lagi,” ungkapnya sedikit memelas, pada Senin (8/4) siang.

Tak ayal bila sampah banyak yang tak terangkut. Sebab pembagian pengoperasian armada. Satu armada beroperasi dari ujung wilayah kabupaten di Siabu. Satu dari Natal dan sekitaran Pantai Barat dan satu lagi di wilayah Kota Nopan dan sekitarnya. Tiga armada yang dimaksud, akan beroperasi semenjak pagi melakukan penyisiran hingga mengarah ke TPA Batang Gadis di Desa Batang Gadis, Kecamatan Panyabungan Barat.

Sedangkan empat armada lainnya, beroperasi mengutip sampah dari pinggir jalan dan gang di penjuru Kecamatan Panyabungan Kota.

“Kalau hari-hari biasa, cuma dua kali trip mereka mengangkut sampah. Tapi bila hari Sabtu, sebab Jumatnya mereka libur. Bisa sampai tiga kali pengangkutan, itu pun masih banyak sampah yang tak terangkut. Caranya kita gunakan, hari ini diangkut, hari besoknya tidak,” ujar Kholik, menerangkan ada sebanyak 116 pegawai kebersihan yang bekerja di Dinas LH ini dalam pengangkutan sampah ini. (san)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button