Berita

Sah! Pilkada Simalungun Diikuti 4 Calon, Siantar 1

FaseBerita.ID – KPU menetapkan pasangan calon yang akan bertarung di Pilkada Siantar-Simalungun dalam rapat pleno yang digelar tertutup, Rabu (23/9/2020). Hasilnya, untuk Siantar diikuti satu calon dan Simalungun empat calon.

Pasangan calon Kepala Daerah wilayah Simalungun yakni pasangan Anton Achmad Saragih dan Rospita Sitorus. Pasangan Radiapoh Hasiholan Sinaga–Zonni Waldy (RHS-ZW). Pasangan Irjen Pol (Purn) M Wagner Damanik – Abidinsyah Saragih (WD-BISA). Dan, pasangan Muhajidin Nur Hasim-Tumpak Siregar (Hasim-TPS).

Sementara KPU Siantar menetapkan pasangan Asner Silalahi – Susanti Dewayani ditetapkan sebagai Calon Walikota dan Wakil Walikota Pematangsiantar Pilkada 9 Desember 2020.

Acara rapat Pleno yang digelar  tersebut digelar secara tertutup dan tidak dihadiri oleh Pasangan Calon.

Ketua KPU Pematangsiantar Daniel Sibarani mengatakan bahwa rapat pleno tersebut digelar secara tertutup, sehingga tidak dihadiri oleh Pasangan Calon maupun tim pemenangan.

“Seluruh berkas syarat calon telah diperiksa dan hasilnya memenuhi syarat. Sehingga dalam rapat pleno KPU memutuskan dan menetapkan Asner Silalahi dan Susanti Dewayani sebagai Calon Walikota dan Wakil Walikota Pematangsiantar,” ujar Daniel Sibarani.

Untuk tahapan selanjutnya kata Daniel, Kamis 24 September 2020, KPU akan menggelar rapat pleno terbuka di Sapadia Hotel dengan agenda pengundian tata letak posisi pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Pematangsiantar.

Kemudian pendatanganan pakta integritas serta penandatangan deklarasi kampanye damai Walikota dan Wakil Walikota Pematangsiantar.

“Jadi kegiatan rapat pleno terbuka itu tetap mematuhi protokol kesehatan sehingga peserta yang hadir dalam rapat itu dibatasi 30 orang,” jelas Daniel Sibarani.

Sebagaimana diketahui, seluruh Partai politik yang memiliki kursi di DPRD Kota Siantar yang berjumlah 30 orang mengusung Pasangan Asner Silalahi-Susanti Dewayani. Dengan demikian untuk Pilkada Kota Siantar hanya diikuti calon tunggal. (pra/fi)





Back to top button