Berita

Safari Jumat, WalikotaTinjau Masjid Al-Mujahidin

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Wali Kota Sibolga Drs H M Syarfi Hutauruk MM menyambangi Masjid Al-Mujahidin dalam agenda Safari Jumat. Kehadiran Walikota sekaligus untuk membahas rencana rehabilitasi masjid yang terletak di belakang Taman Makam Pahlawan, Kelurahan Simare-mare, Kecamatan Sibolga Utara, itu.

Karena diketahui, kondisi masjid tersebut saat ini sudah mengalami kerusakan yang cukup parah. Di antaranya, teras, halaman dan plafon serta menara masjid, yang butuh perbaikan.

Dengan rencana tersebut, walikota dan pengurus masjid sepakat untuk menghitung besaran anggaran yang dibutuhkan untuk pengerjaannya. “Saya datang ke sini atas rencana pembangunan masjid ini. Jadi, kami mau lihat dulu berapa anggaran yang dibutuhkan,” kata Wali Kota, Kamis (21/3).

Pada kesempatan Safari Jumat tersebut, Walikota mengajak para orangtua untuk menjaga anak-anaknya dengan baik, terutama mengontrol aktivitasnya di luar rumah. Karena belakangan, walikota kerap menemukan langsung anak-anak usia sekolah bermain di warnet hingga larut malam. “Orangtua untuk lebih proaktif mendidik dan mengawasi anak-anaknya,” kata walikota.

Tak hanya itu, orang nomor satu di Kota Sibolga tersebut juga menyinggung seputar bom bunuh diri yang terjadi beberapa hari lalu. Menurutnya, kejadian tersebut telah membuka mata dan telinga seluruh masyarakat, bahwa Sibolga yang selama ini dianggap menjadi salah satu Kota teraman di Indonesia, sekarang tidka lagi. “Menurut kita sangat aman selama ini. Bukan jaminan bahwa Sibolga juga aman dari tindakan-tindakan radikalisme dan terorisme,” ungkapnya.

Untuk itu suami dari anggota DPRD Sumut, Dra Delmeria Sikumbang ini meminta, agar warga proaktif melakukan deteksi terhadap perilaku tetangga yang mencurigakan. Warga juga diminta untuk tidak mentolerir prilaku siapa pun yang mencurigakan.

“Jika ada warga yang sangat tertutup, tidak pernah bersosialisasi dengan masyarakat sekitarnya, segera laporkan ke aparat Bhabinkamtibmas atau kepada kepala lingkungan. Kita tidak boleh main-main lagi untuk urusan seperti ini. Lurah, Kepling harus turun tangan. Data setiap orang, asalnya darimana, pekerjaannya apa, aktivitasnya apa saja. Kalau dia pendatang, urusannya apa, harus diketahui,” imbuh Wali Kota.

Karena, masih kata dia, hingga kini dampak dari ledakan yang diakibatkan bom bunuh diri tersebut masih dirasakan oleh warga Sibolga. Terlebih warga sekitar ledakan. “Kita sama-sama menyaksikan bagaimana dampak yang ditimbulkan akibat aksi teror ini, dan kita sama-sama tidak mau hal itu terjadi lagi. Maka kewaspadaan kita perlu ditingkatkan lagi,” pungkasnya sembari mengimbau agar umat Islam di Sibolga mengamalkan Islam dengan baik, Islam yang Rahmatan Lil Alamin.

Amatan, pada Safari Jumat tersebut, Syarfi juga menyerahkan bantuan buku-buku Islami, sumbangan Dra Delmeria, Ketua TP PKK Kota Sibolga yang merupakan Calon Anggota DPR RI Dapil Sumut 2. Bantuan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan minat baca masyarakat, khususnya jamaah Masjid Mujahidin. Turut hadir pada kesempatan tersebut, Sekda Kota Sibolga M Yusuf Batubara SKM MM, para Pimpinan OPD Kota Sibolga, serta beberapa camat dan lurah. (ts)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button