Berita

Rumah Parningotan di Bukit Gibeon Untuk Kenang Almarhum DL Sitorus

FaseBerita.ID – Untuk mengenang Almarhum Sutan Raja DL Sitorus, keluarga besarnya mendirikan Rumah Parningotan Alm Op DL Sitorus yang dapat dikunjungi masyarakat umum di Bukit Gibeon, Sibisa, Kabupaten Tobasa.

Rumah Parningotan ini berisi benda-benda peninggalan milik Almarhum DL Sitorus. Benda-benda ini adalah saksi perjalanan hidup DL Sitorus sejak awal memulai usaha-usahanya hingga besar.

“Rumah ini menjadi bukti bahwa ayah kami, Alm Amang DL Sitorus selama ini tidak sendiri, barang-barang ini menjadi buktinya,” ujar Sihar Sitorus, putra kedua dari Almarhum DL Sitorus, saat peresmian.

Acara peresmian dimulai dengan pengguntingan pita oleh Luceria Siagian, istri dari Almarhum DL Sitorus dan anak-anaknya, di antaranya Sabar Sitorus, Sihar Sitorus, Hakim Sitorus dan Renta Sitorus.

Kemudian dilanjutkan ibadah singkat dan acara adat oleh keluarga. Seluruh hadirin bersukacita dengan kehadiran rumah parningotan ini, seraya mengenang dan membicarakan petuha-petuah hidup yang kerap disampaikan oleh DL Sitorus semasa hidup.

Usai peresmian, Sihar Sitorus mengucapkan terimakasih untuk sanak saudara yang bersedia hadir dan selalu mendukung mereka untuk mewujudkan rumah parningotan tersebut.

Terkhusus, Sihar yang kini mencalonkan diri sebagai Calon Legislatif DPR RI dari Daerah Pemilihan 2 Sumatera Utara, mengharapkan dukungan keluarga dan sanak saudara sehingga dapat menggapai kesuksesan dalam pemilihan ini.

“Saya tidak memiliki kekuasaan seperti yang lain, tapi saya punya opung, amang, inang, uda, inanguda, semuanya yang menjadi kekuatan saya,” tutur Sihar.

Warga yang hadir dalam acara ini juga menyampaikan bahwa sosok Almarhum Sutan Raja DL Sitorus yang senantiasa berkerinduan membangun kampung halamannya menjadi sesuatu yang layak dikenang oleh masyarakat.

“Beliau dan keluarga sosok yang rendah hati dan tidak lupa dengan kampung halaman. Kebetulan anaknya Sihar juga mencalonkan DPR RI, kita pasti dukung selalu,” ujar Opung boru Sitorus.

Usai meresmikan rumah parningotan ini, anggota keluarga pun melakukan ziarah ke makam DL Sitorus yang merupakan kampung halamaanya yaitu di Desa Parsambilan, Kecamatan Silaen.

Selain mengunjungi Rumah Parngingotan, nantinya pengunjung juga bisa berwisata di Kompleks Rumah Doa, dan pemandangan perbukitan yang indah disertai sejuknya udara di wilayah Tobasa.

Selain Rumah Doa Gibeon dan Rumah Parningotan, di kompleks ini juga tersedia tempat rekreasi berupa kolam renang keluarga. (*)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button