Berita

Ruang untuk KPK Diperlukan di PN Tanjungbalai

TANJUNGBALAI, FaseBerita.ID – Melihat selama ini banyaknya kejanggalan ataupun dugaan konfirasi dalam persidangan, baik itu dari mulai masa penuntutan hingga sampai putusan, sudah saatnya ada ruangan khusus di Kantor Kejaksaan Negeri dan Pengadilan Negeri Tanjungbalai untuk KPK.

Hal ini dikatakan I Siagian selaku Ketua LSM PK-APPD (Pemantau Kinerja Aparatur Pemerintah Pusat dan Daerah) Kota Tanjungbalai, Jumat (23/8/2019), di kota setempat.

Dikatakannya, dengan adanya ruangan khusus untuk KPK di gedung Kejari dan PN Tanjungbalai, bukan bermaksud untuk melemahkan kinerja institusi penegak hukum tersebut.

“Tetapi untuk menepis dugaan ataupun kecurigaan adanya permainan di dalam persidangan,” ujar I Siagian.

Hal senada juga dikatakan Yusman, Ketua PWRI (Persatuan Wartawan Republik Indonesia) Kota Tanjungbalai.

“Kalau ada dipersiapkan ruangan khusus untuk KPK di gedung Kejari dan PN Tanjungbalai, sudah bisa dipastikan dapat mengawasi kinerja JPU dan hakim selama dalam persidangan,” sebutnya.

Dikatakannya, pentingnya selaku sosial kontrol juga harus turut berpartisipasi dalam upaya pemberantasan korupsi.

Di dalam menyajikan sebuah informasi kepada masyarakat juga harus berimbang. “Berikan informasi sesuai dengan fakta yang ada di persidangan. Oleh karena itu, kita mendukung sepenuhnya, apabila ada dipersiapkan ruangan khusus untuk KPK di gedung Kejari dan PN Tanjungbalai. Agar kepercayaan masyarakat dalam penegakan hukum tetap terpenuhi,” tegasnya.(ck-04/ahu)

iklan usi



Back to top button