Berita

RS Tersohor AS Mau ‘Buka Cabang’ di Bali

FaseBerita.ID – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan membeberkan rencana pemerintah untuk membangun rumah sakit (RS) yang bekerja sama dengan RS terbaik di Amerika Serikat (AS) seperti John Hopkins Hospital dan Mayo Clinic. Rencananya, RS itu akan dibangun di Bali.

“Rumah sakit pun kita ingin engage dengan rumah sakit terkenal, seperti Mayo, Johns Hopkins, bisa rumah sakit terkenal lain, dia bisa bikin di Bali,” ungkap Luhut dalam rapat kerja virtual Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Kamis (13/8).

Menurut Luhut, rencana ini merupakan wujud dari reformasi sektor kesehatan di Indonesia. Ia mengaku, Jokowi sudah menyetujui rencana pembangunan RS internasional ini.

“Industri farmasi sedang kita lakukan reformasi. Presiden sudah setuju bahwa kita akan buka RS internasional,” tuturnya.

Ia mengatakan, nantinya para ahli medis dari luar negeri juga bisa bekerja di RS tersebut dan melakukan transfer teknologi kepada tenaga medis Tanah Air.

“Jadi dokter-dokter kelas 1 bisa praktik dan juga teknologi transfer dengan dokter-dokter kita. Sehingga kita tidak menghabiskan pengobatan ke luar negeri. Dan kita sudah memprioritaskan KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas) untuk orang-orang yang spesifik. Kemudian boleh ada multiple visa buat spesifik orang-orang yang kita butuhkan kegiatan dalam negeri,” tutup Luhut. (int/dtc)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button