Berita

Rokok Tanpa Cukai Bebas Beredar

FaseBerita.ID – Rokok tanpa cukai marak beredar di beberapa kecamatan di Kabupaten Asahan. Ironisnya, rokok yang diduga ilegal ini bebas diperjual belikan oleh pedagang di pinggir jalan, dan juga di grosir.

Adapun daerah yang bebas menjual rokok tanpa cukai ini yakni, Kecamatan Pulau Rakyat, Kecamatan Aek Kuasan, Kecamatan Aek Ledong, Kecamatan Rahuning, dan Kecamatan Bandar Pulau. Rokok tanpa cukai ini bermerek Luffman. Sementara harganya bervariasi mulai dari harga Rp6.500 sampai Rp8.000 per bungkus.

Menurut salah seorang pemakai rokok Luffman, dia biasanya membeli rokok dengan harga Rp12 ribu, namun setelah rokok Luffman beredar, dia hanya membelinya (rokok Luffman) seharga Rp6.500 per bungkus.

“Rokok ini sangat murah, makanya saya beralih ke sini (Luffman),” sebut seorang pria mengaku bernama Pariaman, seraya menunjukkan bungkus rokok bermerek Luffman.

Informasi yang dihimpun, distributor pemasok rokok ilegal ini berada di daerah Kecamatan Pulau Rakyat. Namun, sampai saat ini belum ada penanganan yang dilakukan oleh pihak berwenang terkait peredaran rokok Luffman ini .

Masyarakat mengimbau pihak bea cukai dan penegak hukum di Asahan agar menindak tegas oknum yang menjual bebas rokok tanpa cukai.

“Perlu diantisipasi kepada pelajar, karena harganya murah akan memancing anak di bawah umur untuk ikut menghisap rokok tersebut dengan alasan harganya sangat murah,” tutur beberapa tokoh masyarakat Kecamatan Aek Ledong bernama Samsudin, Sofyan, dan Martumpal. (sof/ahu)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button