Berita

Rokok Ilegal Marak Beredar di Sibolga: Disperindag akan Bentuk Tim Gabungan

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Terkait maraknya peredaran rokok tanpa cukai alias rokok ilegal, mendapat respon positif dari Pemko Sibolga melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag). Disperindag rencananya akan membentuk tim gabungan yang terdiri dari beberapa instansi terkait, termasuk polisi, untuk menghentikan peredaran rokok ilegal di Sibolga.

Hal tersebut dikatakan Kepala Disperindag Kota Sibolga Agung Barus dalam keterangan persnya, Senin (20/1) lalu.

Pembentukan tim gabungan, katanya, akan dilakukan pada rapat pertama dengan instansi terkait yang akan digelar dalam waktu dekat. “Kita nanti akan berkoordinasi untuk membentuk tim gabungan instansi terkait, kalau dalam hal ini bea cukai sudah kewalahan. Kita akan membuat regulasi, dengan instansi terkait, perizinan, Satpol PP.

Kemungkinan juga kita akan mengajak Polres untuk ikut terlibat. Kita akan coba pelajari bagaimana caramenindaknya,” kata Agung di ruang kerjanya.

Menurutnya, hingga kini pihak Bea Cukai belum pernah berkoordinasi dengan Disperindag terkait maraknya peredaran rokok tanpa cukai di Kota Sibolga. Meski demikian, mantan Kabag Kesra tersebut berjanji akan mencoba menjemput bola, dengan mendatangi pihak Bea Cukai.

“Bea cukai juga belum ada menyampaikan rokok-rokok ilegal mana saja yang beredar di kota Sibolga. Tapi, kita akan coba nanti jemput bola ke sana terkait dengan temuan mereka di lapangan. Termasuk nanti, grosir-grosir mana saja yang menjual itu,” ungkapnya.

Sekilas, Agung menjelaskan kalau Pemko Sibolga sebelumnya sudah gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang larangan membeli rokok tanpa cukai.

“Untuk rokok tanpa cukai, Pemerintah Kota Sibolga sejak 2017 sudah melakukan sosialisasi melalui pelakat-pelakat yang kita edarkan. Agar masyarakat itu pintar, tidak membeli rokok tanpa cukai. Karena rokok tanpa cukai itu, barang ilegal kita anggap. Disperindag tetap akan melakukan pengawasan barang beredar. Kalau sebelumnya, hanya mengarah pada makanan dan minuman di hari besar,” pungkasnya. (ts)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker