Berita

Rindu Orangtua, Terdakwa Narkoba Minta Keringanan Hukuman

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Dua terdakwa yakni Bambang Susilo (47) dan Ade Ika (30) masing-masing di tuntut selama 7 tahun penjara. Selain itu, mereka juga didenda Rp800 juta subsider 3 bulan penjara.

Pada sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Simalungun pada Selasa (2/7/2019) kemarin, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Juna Karokaro menyatakan bahwa perbuatn kedua terdakwa terbukti bersalah melanggar pasal 112 (1) Undang-undang No 35 Tahun 2009 Junto 132 tentang Narkotika. Jaksa menyatakan agar majelis hakim mengkuhum kedua terdakwa sesuai dengan perbuatannya.

Mendegar tuntutan itu Bambang Sussilo menyatakan kepada majelis hakim agar mengurangi hukumanya mengingat ia telah menyesali semua yang ia lakukan selama ini. Saat itu, Bambang mengaku sudah rindu terhadap orang tuanya, sehingga ia meminta keringanan hukuman.

Sementara  Ade mengungkapkan akan mengajukan pembelaan secara tertulis, mengingat ia tidak puas dengan tuntutannya yang diberikan jaksa terhadap dirinya di persidangan.

Mendengar jawaban kedua terdakwa, Majelis Hakim yang diketuai Hadi Nasution SH didampingi Nasfi dan Mince, menunda persidangan hingga minggu depan dengan agenda mendengarkan pembelaan terdakwa.

Sebagaimana diketahui, pada hari hari Kamis tanggal 29 Nopember 2018 sekira pukul 11.00 WIB di Tinjowan, Nagori Teluk Lapian, Kecamatan Ujung Padang, Kabupaten Simalungun, Polisi mengamankan kedua terdakwa. Pada saat itu, polisi menemukan barang bukti narkoba jenis sabu satu plastik klip kecil yang disimpan di dalam bungkus rokok.

Divonis 5 Tahun

Pada hari yang sama, sidang perkara narkoba juga digelar dengan agenda pembacaan vonis.

Terdakwa bernama Ramadi dan Jimmy Pasaribu divonis masing-masing selama 5 tahun penjara denda Rp800 juta subsider 3 bulan penjara.

Majelis Hakim yang diketuai Hadi Nasution didampingi Nasfi Firdaus dan Mince SH menyatakan bahwa perbutan terdakwa telah terbukti melakukan pidana dengan ancaman sesuai dengan perbuatnya tersebut.

Sebelumnya jaksa penuntut umum ( JPU) Hermand Ronal SH memberikan pasal 112 (1) jo pasal 132  Undang-undang No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika  menuntut kedua terdakwa masing masing selama 5 tahun penjara dengan denda 800 juta subsider 4 bulan penjara.

Mendegar vonis yang dibacakan majelis hakim, terlihat kedua terdakwa hanya terdiam.

Saat diwawancarai, terdakwa menyesali perbuatannya dan berjanji tidak akan mengulanginya.

Sebelumnya, polisi menangkap kedua terdakwa pada hari Rabu 12 Desember 208 di Huta Parmonangan, Nagori Parmonangan, Kecamatan Pematang Bandar, Kabupaten Simalungun. Polisi  menemukan  satu bungkus plastic kecil berisi narkotika jenis sabu beserta alat hisap. (ros/pra)

Unefa

Pascasarjana

Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close