Berita

Ribuan Umat Kristen di Labuhanbatu Rayakan Natal Oikumene

FaseBerita.ID – Ribuan umat Kristen di Kabupaten Labuhanbatu merayakan Natal, Jumat (6/12), di GOR Rantauprapat.

Perayaan Natal Oikumene ini bertema “Hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang (Yohanes 15:14-15)”, digelar Badan Kerjasama Antargereja (BKAG) Labuhanbatu, dan dihadiri unsur pimpinan daerah (Uspida), seperti bupati, Ketua DPRD, Kapolres, Dandim 0209/LB, Kakan Kemenag, dan beberapa kepala organisasi perangkat daerah. Natal ini berlangsung penuh hikmad, aman dan kondusif.

Ketua Panitia Natal Yuniman Zebua menyebut, perayaan Natal ini melibatkan seluruh gereja yang ada di Kabupaten Labuhanbatu. Pesertanya terdiri dari masyarakat sipil, ASN, TNI, Polri dan kalangan pelajar (anak sekolah minggu, remaja dan pemuda-pemudi).

“Panitia bahkan mengapresiasi anak-anak yang berprestasi atau yang meraih juara umum I-III di sekolah masing-masing, diberi tali kasih agar semakin semangat belajar meraih prestasi gemilang,” sebut Yuniman.

Dia juga menyebut, panitia sebelumnya telah melaksanakan kegiatan sosial seperti donor darah di 3 tempat berbeda, bekerjasama dengan PMI untuk membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan tambahan darah.

Selain itu, panitia dikordinir kordinator seksi sosial Victor Siahaan mengunjungi serta memberi bingkisan Natal sebagai tali kasih kepada orang-orang tua jompo yang ada di Panti Jompo UPT Dinas Sosial Pemprov Sumut di Jalan Dewi Sartika Rantauprapat.

“Perayaan Natal Oikumene ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan tali silaturahmi para pendeta, pengurus gereja dan jemaat, dan bersatu merayakan hari kelahiran Yesus Kristus Sang Penebus dan Juru Selamat,” sebutnya.

Pada kesempatan itu, ia juga menyampaikan terimakasih atas dukungan Pemkab, TNI dan Polri, serta bantuan dari pihak-pihak yang telah turut serta ambil bagian menyukseskan perayaan natal bersama ini, sehingga berjalan dengan baik, penuh sukacita, aman dan kondusif.

Ketua BPH BKAG Labuhanbatu Bindu Siahaan menyebut, perayaan Natal Oikumene ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan BKAG. Ia berharap, sesuai dengan tema, umat Kristen Labuhanbatu dapat menjadi sahabat bagi semua orang, keluarga, tetangga dan lingkungan, di mana pun berada.

Harapan serupa disampaikan Kakan Kemenag,. Dikatakannya, sebab membimbing umat dan antarumat beragama bagian dari tugas Kantor Kemenag, sesuai dengan tema dan subtema “Dengan semangat Natal kita dipanggil menjadi sahabat bagi semua orang, hidup berdampingan, penuh kasih dan kedamaian”. Harapan yang sama juga disampaikan Ketua DPRD Labuhanbatu diwakili Sumiati Manurung.

Kapolres Labuhanbatu AKBP Agus Darojat saat itu mengucapkan selamat Natal. Dia mengajak seluruh umat kristiani untuk turut menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Labuhanbatu.

Bupati Labuhanbatu diwakili Asisten Pemerintahan dan Sosial H Nasrullah menyampaikan salam dari Bupati Andi Suhaimi Dalimunte kepada seluruh umat Kristiani di Labuhanbatu khususnya. Dalam sambutan tertulis bupati, Nasrullah menyampaikan terimakasih kepada masyarakat, ASN, TNI dan Polri yang menyukseskan perayaan Natal Oikumene ini.

“Kita berharap melalui Natal ini, kita tingkatkan kepedulian, kekompakan dan tali persaudaraan di antara kita tanpa memandang suku, agama, ras dan antargolongan,” ujar bupati.

Menurut bupati, Natal merupakan simbol dari Allah supaya kita saling mengasihi dan dengan yang lainnya.

Diharapkan, umat Kristiani dapat melakukan kebaikan-kebaikan terhadap sesama dan merefleksikan kasih Tuhan dalam kehidupan sehari-hari dengan saling tolong menolong.

“Melalui Natal ini, juga umat kristiani kita harapkan dapat mendukung Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dalam melaksanakan program-program pembangunan menuju Labuhanbatu sejahtera, maju dan berdaya saing. Seluruh umat Kristiani juga diharapkan turut menyukseskan pemilihan bupati-wakil bupati tahun 2020 agar Pilkada tahun depan lebih baik dari yang lalu,” harapnya.

Perayaan Natal ini diawali penyalaan lilin oleh pengkhotbah Pdt DR Sivan Simamora MTh dari GIAT, mewakiki bupati, Dandim, mewakili Kapolres, mewakili Ketua DPRD, mewakiku Kakan Kemenag, Ketua BPH BKAG, mewakili ASN, tokoh masyarakat Marisi Hasibuan, mewakili pimpinan gereja dan ketua panitia.

Acara ibadah dengan nyanyian menyambut kelahiran Yesus Kristus, diisi liturgi penciptaan, kejatuhan manusia ke dalam dosa, janji keselamatan dan penggenapan, liturgi responsoria dari masyarakat sipil, ASN, TNI dan Polri, koor/vokal grup GKPB MDC, GPdI Eben Ezer, GKPI Jerikho Sigambal, GKPS Rantauprapat, sekolah minggu HKBP Eben Ezer, BNKP Rantauprapat, NHKBP Rantauprapat.

Pdt DR Sivan Simamora MTh dalam khotbahnya sesuai tema, mengajak masyarakat Labuhanbatu berhikmat dalam kasih Yesus Kristus, sebagaimana dengan subtema Natal ini, kita dipanggil menjadi sahabat bagi semua orang, hidup berdampingan, penuh kasih dan kedamaian.

“Orang yang baik suka memberi dan suka membantu, adalah orang yang diberkati Tuhan. Bagaimana menjadi sahabat bagi semua orang, hidup berdampingan, penuh kasih dan kedamaian? Harus menjadi garam dan terang. Tidak bisa jadi garam dan terang kalau tidak bersosialisasi atau bersahabat dengan yang lain. Bagaimana menjadi sahabat orang lain kalau kita tidak bergaul, mabuk-mabukan, menjelekkan orang lain dan menjelekkan pendeta gereja lain. Maka jadilah kita terang dan garam supaya kita menjadi sahabat semua orang dan supaya kita bisa hidup berdampingan dengan yang lainnya,” pesannya.

Acara ini dihibur dua artis Batak yakni, Naomi Harahap Idol dan Dompak Sinaga, dihiasi luckydraw dan pemberian hadiahnya serta pemberiah tali kasih bagi para pelajar berprestasi jemaat berbagai gereja. (nik/ahu)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button