Berita

Residivis Kasus Pencurian Ditangkap Polisi Sibolga

FaseBerita.ID – Polisi mengungkap pelaku pencurian di rumah Achlan Irsan Simanullang (47) di Jalan FL Tobing Sibolga yang terjadi pada Kamis (20/2) sekira pukul 01.00 WIB.

Pelaku diketahui berinisial KM alias B (23) warga Jalan Mojopahit, Kelurahan Pancuran Bambu, Kecamatan Sibolga Selatan. Ia ditangkap di sebuah rumah di daerah Sibolga Julu sekira pukul 15.00 WIB.

Menurut Kapolres Sibolga AKBP Triyadi dalam keterangannya melalui Kasubbag Humas Iptu Ramdhansyah Sormin mengatakan, penangkapan pelaku berdasarkan laporan korban.

“Sebelumnya, korban sudah melapor secara lisan ke Polsek Sibolga Selatan. Katanya, sekira pukul 1.00 WIB dia terbangun untuk menghidupkan AC. Kemudian dia melihat pintu jendela terbuka dan melihat ada sebuah kayu yang tergantung di angin-angin jendela. Kemudian dia juga melihat uang sebanyak Rp4.500.000 berserak di lantai. Dan istrinya melihat HP merk iPhone 4s, telah hilang,” kata Sormin, Senin (24/2).

Sementara, dari hasil pemeriksaan, pelaku mengakui kalau pencurian tersebut dilakukan seorang diri dengan cara memanjat tembok belakang rumah korban. Kemudian merusak jendela dengan menggunakan obeng.

“Sekira pukul 00.45 WIB, pelaku masuk ke pekarangan rumah dengan memanjat tembok yang tingginya sekitar 1,5 meter dan kemudian dia melihat di belakang rumah ada obeng dan mengambilnya. Diapun merusak jendela dengan menggunakan obeng tersebut,” ungkap Sormin menjelaskan keterangan pelaku.

Setelah jendela terbuka, pria yang kesehariannya berprofesi sebagi nelayan tersebut melihat 1 unit HP di atas tempat tidur lalu mengambilnya dengan menggunakan tangan kiri. Setelah itu dia melihat ada uang yang diikat dengan karet di lantai kamar. Karena tangannya tak sanggup menggapai, diapun mengambil kayu yang panjangnya sekitar 3 meter. Namun saat berusaha menggeser, uang tersebut berserakan.

“Dia memasukkan kayu melalui jerajak jendela dan menarik uang tersebut tetapi uang tidak bisa diambil dan berserakan. Kemudian, dia mendengar suara AC berbunyi, sehingga diapun melarikan diri dengan membawa 1 unit Iphone,” pungkasnya.

Dari catatan kepolisian, tersangka pernah dihukum pada tahun 2018 di Lapas Tukka selama 8 bulan dalam kasus pencurian.

Dari hasil pemeriksaan, pria lajang tersebut akhirnya ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di RTP Polsek Sibolga Selatan. Dia dikenakan diduga pasal 363 ayat 1 ke 3e, 5e Subsider pasal 362 KUHPidana dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun. (ts)

Unefa

Pascasarjana


Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close