Berita

Remaja Konselor Sebaya Sibolga Dikukuhkan

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Sebanyak 12 Remaja Konselor Sebaya Egi Kiara (Edukasi Gizi dan Kesehatan peduli Anak serta Remaja) Kota Sibolga dikukuhkan beberapa waktu lalu di Sibolga. Pengukuhan itu digelar di aula Kantor Dinas Kesehatan beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Sibolga Firmansyah Hulu melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dr Ivonna Hasfika dalam sambutannya mengatakan, konselor sebaya Egi Kiara merupakan seorang remaja yang mampu memberikan informasi tentang gizi dan kesehatan yang peduli anak serta remaja, dan mampu membantu teman sebayanya untuk mengenali masalahnya serta menyadari adanya kebutuhan untuk mencari pertolongan (rujukan) dalam rangka menyelesaikanmasalah tersebut.

“Nilai yang dijunjung tinggi oleh Konselor Sebaya Egi Kiara adalah Sehati yaitu Sociable (mudah bergaul, supel, ramah), Energetic (Energik, giat, penuh semangat), Healthy (Sehat dan bugar secara fisik, mental dan spiritual), Agent of Change (Siap menjadiagen perubahan), Thoughful (Bijaksana), dan Intelligent (Cerdas),” pungkasnya.

Dia menjelaskan, konseling teman sebaya adalah konseling yang dilakukan oleh seorang dengan konselor yang umurnya sebaya sebangai seorang teman, misalnya seorang remaja curhat kepada temanya yang sebaya.

“Sebab perkembangan sosial pada masa remaja lebih melibatkan teman sebaya dibanding orang tua. Dibanding pada masa kanak-kanak, remaja lebih banyak melakukan kegiatan di luar rumah seperti kegiatan sekolah, ekstra kurikuler dan bermain dengan teman. Maka seorang konselor yang sebaya (teman) peranya lebih besar,” jelasnya.

Teman sebaya, sambungnya, diakui dapat mempengaruhi pertimbangan dan keputusan seorang remaja tentang perilakunya, dan teman sebaya merupakan sumber referensi utama bagi remaja dalam hal persepsi dan sikap yang berkaitan dengan gaya hidup.

“Bagi remaja, teman-teman menjadi sumber informasi misalnya mengenai bagaimana cara berpakaian yang menarik, musik atau film apa yang bagus, dan sebagainya,” pungkasnya.

Selama tahun 2019, lanjutnya, ke 12 remaja Konselor Sebaya Egi Kiara ini akan bersama-sama melakukan Konseling Sebaya, penyebaran edukasi dan informasi seputargizi dan kesehatan, serta aktivitas lainnya yang terkait dengan peningkatan derajatkesehatan masyarakat, terkhusus remaja.

“Ini merupakan bentuk keseriusan Pemerintah Kota Sibolga dalam peningkatan peran Puskesmas dalam Pelayanan KesehatanPeduli Remaja (PKPR) serta menjadi Puskesmas Ramah Anak (PRA) yang akan mendukung Kota Sibolga Sehat dan Kota Sibolga Layak Anak,” tandasnya.

Sebelum dikukuhkan, Konselor Sebaya EGI KIARA Kota Sibolga mengikuti tahap pemilihan dan seleksi yang cukup ketat pada bulan Januari hingga Februari 2019. Pada tahap awal, ada sebanyak 88 remaja yang mengikuti seleksi berkas dan sebanyak 85 remaja yang lolos tahap awal.

Dan selanjutnya, mereka mengikuti seleksi tahap II yaitu tes tertulis dan wawancara secaraterstruktur. Pada tahap inilah dipilih sebanyak 15 laki-laki dan 15 perempuan yang selanjutnya mengikuti orientasi sekaligus seleksi tahap III selama 4 hari. Kumulatif poinpenilaian selama orientasi yang dikumpulkan peserta ini selanjutnya menjadi penentu terpilihnya 6 laki-laki dan 6 perempuan.

Adapun ke 12 remaja Konselor Sebaya Egi Kiara 2019 yakni, Afriansyah Rahman Prawira Lubis dari SMA Negeri 3 Sibolga, Borisman Zega dari SMA Swasta Katolik Sibolga, Marbun Siregar dari MAN Sibolga, Nanda Setia Saputra Tanjung dari SMK Negeri1 Sibolga, Panji Maliki Palba dari SMA Negeri1 Sibolga dan Yuki Bernando Zebua dari SMA Negeri 4 Sibolga. Selanjutnya, Tri Rasti Ulfa Tanjung dari SMA Negeri 3 Sibolga, Stephani Yunita Siahaan dari SMA Swasta KatolikSibolga, Astri Annisa Sitorus dari SMA Negeri4 Sibolga, Khairunnisa Panggabean dari SMA Negeri 1 Sibolga, Ayu Waruwu dari MAN Sibolga dan Kezia Valentin Pasaribu dari SMA Negeri 2 Sibolga. (rb/osi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button