Berita

Razia di Lapas Tanjungbalai: Senjata Tajam Hingga Bong Disita

TANJUNGBALAI, FaseBerita.ID – Kepala Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara Sutrisman menemukan sejumlah alat terlarang mulai dari sajam hingga bong sabu dari kamar tahanan Kelas IIB Tanjungbalai Asahan  Pulo Simardan.

Sutrisman mengatakan, sasaran razia yang digelar yakni pada barang barang terlarang berupa alat komunikasi, senjata tajam, narkoba dan sejenis lainnya dan seluruhnya yang harus ditertibkan di dalam kamar warga binaan.

“Kita juga mengingatkan agar penataan suasana kamar rapi,baik penataan pakaian agar dapat diperbaiki,” tegas Sutrisman.

Hal ini ditertibkan,dikarenakan bahwa para warga binaan ini umumnya bertahun tahun tinggal di dalam kamar tersebut. Maka perlu dijaga kebersihan dan kerapian kamar mereka.

Ya, kita mengamankan sejumlah handphone dan untuk penyeludupan narkoba kita kejar terus untuk diperiksa di dalam kamar satu persatu secara rutin kita razia.

Kita tidak menemukan malam ini barang narkoba, namun puluhan handphone(HP) dan senjata tajam pisau kita dapatkan di dalam kamar para warga binaan. Ya,untuk yang didapatkan para petugas sipir kita tadi di dalam kamar warga binaan yang berupa dugaan bong alat isap kita minta nanti pihak kepolisian dan BNN untuk mendalaminya.

Tentu kepada Warga Binaan Permasyarakatan (WBP)Lapas kelas IIB Kota Tanjungbalai kita mengimbau semoga mereka yang menjalani pidana (hukuman) harapannya mereka menjalani harus bertanggung jawab.

Karena apa yang dilakukan mereka yang harus dipertanggungjawabkan, berupa sanksi. Jadi apabila mereka di dalam lapas ini melakukan perbuatan baik kita akan berikan reward tentu ada remisi untuk apa bila suatu saat memenuhi syarat dan berupa pelepasan bersyarat contohnya.

Pantauan hasil dari razia di dalam sel warga binaan LP kelas II B Tanjungbalai Asahan ini, didapati puluhan handphone (HP) ditemukan di kamar napi yang disembunyikan di dalam bungkusan dan di bawah kasur, senjata tajam pisau beberapa buah , mancis, dan beberapa wayar dan cas cabang dan sejenis nya yang terlarang.

Sementara narkoba tidak ada ditemukan, namun berupa dugaan bentuk bong alat isap ada ditemukan.

HP dan barang hasil razia lainnya langsung dimusnahkan dengan cara pembakaran yang dilaksanakan di halaman Lapas.

Turut serta dalam melakukan razia, Kalapas Klas IIB Jayanta, Kepala KPLP Monang Saragih dan jajarannya seluruh petugas sipir, Perwakilan Badan Narkotika Nasional (BNNK)Tanjungbalai, personel Kepolisian Polres Tanjungbalai. (ck04/rah)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button