Berita

Ratusan Pelajar Asahan Ikuti Festival Tari Gubang

Warisan Budaya Non Benda dari Kabupaten Asahan

FaseBerita.ID – Ratusan pelajar yang terdiri dari 25 perwakilan utusan kordinator Pendidikan Kecamatan se-Kabupaten Asahan mengikuti Festival Tari Gubang yang digelar Dinas Pendidikan Asahan dipusatkan di gedung juang Kota Kisaran, Rabu (20/11/2019).

Kepala dinas pendidikan Asahan Sofyan, menyampaikan apresiasi kepada para koordinator wilayah (Korwil) pendidikan kecamatan dan kepala sekolah yang telah mempersiapkan teamnya masing-masing untuk meramaikan festival tersebut.

Tari Gubang, kata Sofyan merupakan salah satu warisan budaya non benda yang sudah diputuskan Kemendikbud RI dari Kabupaten Asahan. Begitu juga Senandong Asahan.

Oleh karena itu melalui kegiatan ektrekurikuler di sekolah tari gubang ini diterapkn di sekolah sebagai upaya pelesetarian tari gubang.

Kemudian diharapkan kepada kelompok atau sanggar seni yang dikelola oleh masyarakat juga dapat memberikan pengembangan tari gubang di sanggarnya masing masing sehingga budaya leluhur Asahan ini bisa tetap lestari.

“Kedepan kita merencankan adanya kegiatan tari gubang secara masal. Dan bisa memperoleh rakor muri. Oleh karena itu mari kita lestarikan budaya leluhur Asahan yang kita cintai ini,” ujar Sofyan. (per/rah)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close