Berita

Ratusan Koperasi yang Tidak Aktif akan Dibekukan

KISARAN, FaseBerita.ID – Dinas Koperasi dan Perdagangan (Kopdag) Kabupaten Asahan akan memberikan sangsi tegas terhadap ratusan koperasi yang hanya memiliki papan nama koperasi tanpa memiliki aktivitas usaha dan tak pernah melaporkan aktivitasnya ke dinas terkait.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan, Drs Witoyo menyikapi tidak aktifnya 164 koperasi dari 574 organisasi ekonomi masyarakat yang ada di Kabupaten Asahan, Kamis (24/4).

“Kami akan melakukan pembekuan bagi setiap koperasi tidak aktif. Jumlahnya sekitar 164 koperasi yang ada di Asahan,” ujarnya.

Kebijakan tersebut merupakan bagian dari akselerasi reformasi total koperasi yang dibesut oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM).

Dengan adanya pembekuan koperasi itu, targetnya ke depan tidak ada lagi koperasi yang sekedar papan nama, sehingga koperasi yang ada merupakan koperasi aktif yang tumbuh mandiri tanpa mengandalkan bantuan pemerintah.

“Target kami di Dinas Koperasi dan Perdagangan tidak ada lagi koperasi yang hanya ada papan nama,” ucapnya.

Untuk itu, kata mantan Kepala Dinas Tata Kota ini menjelaskan, pihaknya segera mungkin melakukan pembinaan secara menyeluruh terhadap perkoperasian yang ada di Asahan melalui pembukuan.

Diharap seluruh koperasi di Asahan yang menjadi binaan mampu melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT) tepat waktu. Sebab saat ini banyak ada koperasi yang berdirinya sudah cukup lama dan tidak pernah regenerasi di tempat usaha itu.

“RAT merupakan sebagai bentuk transparansi, keterbukaan, serta penerapan akuntabilitas kepada anggotanya dalam melaksanakan kegiatan selama satu tahun. Selain itu juga berfungsi sebagai forum untuk menyepakati rencana anggaran tahun berikutnya,” bebernya.

Witoyo mengungkapkan, pelaksanaan RAT untuk koperasi memang wajib untuk dilakukan minimal 2 tahun sekali dan mempunyai arti penting. Sebab RAT merupakan tanggung jawab pengurus dan pengawas koperasi. (Per)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button