Berita

Ramayana Disarankan Pindah Pintu Masuk

SIANTAR, FaseBerita.ID – Pemerintah kota (Pemko) Pematasiantar dibantu Polres Siantar sudah merubah arah arus lalulintas (lalin) sejumlah jalan di seputaran Ramayana pada Mei 2019 yang lalu. Itu dilakukan untuk mengurangi tingkat kemacetan, Hanya saja, hal itu disebut berdampak terhadap penurunan omset Ramayana hingga mencapai Rp 3 miliar.

Pakar tata ruang dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sultan Agung, Robert Tua Siregar, Sabtu (2/11/2019) mengatakan, kebijakan mengubah arus lalulintas yang dilakukan Pemko Siantar bersama Sat Lantas Polres Siantar sudah tepat.

“Karena kebijakan pengalihan arus lalin itu berhasil mengurai kemacetan di seputaran Ramayana, bila dibandingkan dengan sebelumnya,” ujarnya.

Robert Tua meminta Pemko Siantar menertibkan seluruh pangkalan bus dan teksi di seputaran inti kota, sehingga kemacetan secara otomatis menurun.

“Dalam skema manajemen transportasi, apa yang dilakukan oleh Sat Lantas sudah dapat mengurai kemacetan. Untuk itu, agar Pemko dapat hadir dengan tegas atas keberadaan halte bus atau taksi yang ada di pusat kota, juga penataan terminal yang ada di Tanjung Pinggir. Jika memang perlakuan terhadap halte pembantu yang ada di pusat kota, dan parluasan tidak segera diatasi secara bersamaan, kebijakan ini akan bias. Untuk itu apa yg sudah berjalan saat ini agar bisa mengurai kemacetan sudah benar,” papar Robert Tua Siregar.

Untuk itu, Robert Tua menyarankan sejumlah solusi yang layak dilakukan Pemko Siantar. Diantaranya, Robert menilai, keberadaan seluruh halte (loket bus) pembantu di pusat kota agar keberadaannya ditiadakan.”Agar Ramayana merubah pintu masuk utamanya. Yakni, menjadi di Jalan Pantoan. Yang terakhir Robert menyarankan, agar pintu masuk SD Negeri 122350 dari Jalan Merdeka, dan SMA Negeri 4 dari arah Cafe OH 5,” tambah Robert.

Hal itu diyakini Robert Tua Siregar dapat menjadi “win-win solution” terhadap insvestasi dan kebutuhan publik akan kenyamanan saat berlalulalang di seputaran Ramayana. (mag04)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close