Berita

Ramadan, Pemkab Paluta akan Razia Pasar: Teliti Sebelum Membeli

PALUTA, FaseBerita.ID – Ramadan ini, Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melalui Disperindag akan menggelar operasi dan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pusat perbelanjaan baik di pasar tradisional, swalayan maupun toko yang ada di Paluta.

Menurut Kadis Perindag Paluta Hamdan Sukri Siregar Ssos MM, Jumat (10/5), adanya peningkatan atau kenaikan harga menjelang bulan Ramadan beberapa waktu lalu. Untuk itu pemerintah akan melakukan operasi pasar.

“Memasuki bulan puasa memang ada peningkatan harga. Dalam waktu dekat ini pemerintah akan segera melakukan operasi pasar,” katanya.

Lanjutnya, operasi dan sidak pasar ini bertujuan untuk menghindari bahan pokok terutama makanan dan minuman yang tidak layak konsumsi atau kedaluwarsa di bulan Ramadan ini. Sebab menurut pengalaman selama bulan Ramadan, daya beli masyarakat meningkat cukup signifikan sehingga perlu adanya perlindungan konsumen dari pedagang nakal yang sengaja menjual makanan kedaluwarsa.

“Biasanya daya beli masyarakat di bulan Ramadan akan meningkat, sehingga kita perlu melakukan perlindungan terhadap konsumen dari pedagang nakal,” sebutnya.

Lanjutnya, dalam sidak nanti pemerintah akan menindak tegas pedagang nakal yang memperjualbelikan makanan dan minuman kedaluwarsa dan apabila nanti ditemukan kembali barang dagangan yang sudah expired, maka pihaknya akan menindak para pedagang tersebut.

“Yang jelas, dalam bulan puasa sampai Lebaran kita akan pantau terus barang dagangan terutama makanan atau minuman yang tidak layak konsumsi. Jangan sampai para konsumen dirugikan,” pungkasnya.

Hamdan juga mengimbau masyarakat agar mewaspadai peredaran barang dagangan berupa makanan dan minuman kedaluwarsa dengan lebih teliti melihat batas waktu penggunaan sebelum membeli setiap produk dalam kemasan. (ais)



Unefa

Pascasarjana
Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close