Berita

Radiapo Hasiholan Sinaga: Guru harus Nyaman dan Sejahtera

FaseBerita.ID – Peringatan Hari Guru k-74 tahun 2019 menjadi momen penting untuk perubahan dalam sistim pendidikan terutama menyangkut tugas pokok guru.

Guru, terutama di Kabupaten Simalungun diharapkan ke depan dapat lebih fokus dalam meningkatkan kualitas proses mengajar kepada siswa. Tidak lagi dijejali dan disibukkan dengan administrasi yang membuat waktu guru tersita.

Hal tersebut disampaikan Bakal Calon Bupati Simalungun Radiapo Hasiholan Sinaga (RHS), saat diminta tanggapannya terkait Hari Guru dan nasib guru di ulang tahun yang ke-74 ini.

“Kita mendapat info beredar, Menteri Pendidikan Nadiem Makarim akan memangkas dan menyederhanakan pekerjaan guru. Intinya guru akan lebih punya waktu untuk berinteraksi dengan muridnya, karena soal adminitrasi akan disederhanakan,” kata RHS.

Menurut RHS, kondisi Guru di Simalungun dan secara umum di Indonesia memang disibukkan dengan urusan administrasi. Tidak jarang para guru harus mengumpulkan berkas kerja, membuat laporan berjilid-jilid dan bahkan sering terkendala karena birokrasi yang berbelit-belit.

“Misalnya guru sertifikasi, ada sejumlah berkas yang harus diisi dan diberkasi, membutuhkan tandatangan sebagai bukti keabsahan dari pimpinan. Untuk mendapatkan tandatangan tersebut, Guru sering menjadi korban pungli. Jika tidak menyetujui, bisa berkasnya tidak diloloskan. Itu kita harapkan ke depan, tidak ada lagi. Guru harus lebih banyak waktu bersama anak didik,” katanya.

Rencana Mendikbud Nadiem Makarim, menurut RHS harus ditindaklanjuti oleh pemimpin di daerah. Menjadikan guru lebih sejahtera dalam waktu untuk mendidik anak didik, dan dalam bidang materi.

Dengan penyederhanaan sistem, maka Guru juga akan terhindar dari kemungkinan praktik pungli. Yang terpenting Guru juga tidak stres lagi memikirkan pekerjaan mendidikan dan kewajiban membuat laporan.

Ke depan, semakin banyak anak-anak yang berbakat dan mendapat pendampingan yang cukup, sehingga potensi yang dimiliki dapat dimaksimalkan.

Secara khusus, RHS menyampaikan Selamat Hari Guru untuk para guru di Simalungun, khususnya guru di SDN 1 Tigarunggu, SMPN 1 Tigarunggu dan SMTP/SMKP Pematang Raya.

“Terimakasih Bapak Ibu Guru, Tanpamu kami tak berarti,” kata RHS. (rel)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close