Berita

Putri Pengusaha Ikut Bertarung di Pilkada Madina

FaseBerita.ID – Dinamika politik menjelang Pilkada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mandailing Natal (Madina) tahun 2020 terus bergulir. Atika Asmi Nasution, Putri dari pengusaha di Madina yaitu Haji Khoir dikabarkan akan berpasangan dengan HM Ja’far Sukhairi Nasution yang saat ini menjabat Wakil Bupati.

Atika Asmi belum lama ini menyelesaikan pendidikannya di salah satu perguruan tinggi di Australia. Ia dianggap punya kans bertarung di Pilkada Madina bulan September yang akan datang.

Atika Asmi merupakan adik kandung dari Rahmat Rayyan Nasution, anggota DPRD Sumatera Utara dari Partai Gerindra.

Dari segi popularitas, Atika Asmi masih perlu melakukan sosialisasi dan safari politik, termasuk membuat rancangan program yang bisa menarik perhatian masyarakat. Walaupun ayahnya merupakan orang ternama dan sangat dikenal lapisan masyarakat di Kabupaten Madina.

Khairil Amri, salah satu tokoh pemuda Madina mengatakan, semua bakal calon punya peluang yang sama untuk memenangkan Pilkada Madina. Namun, bakal calon perlu memastikan ‘kendaraan politik’ nya terlebih dahulu, dan tidak meninggalkan sosialisasi sebagai upaya memperkenalkan diri kepada masyarakat.

Khairil menilai, kehadiran Atika Asmi Nasution cukup menguntungkan untuk menggaet pemilih millenial atau pemilih pemula.

“Siapa yang bisa mendapatkan Atika Asmi, ini bisa menguntungkan untuk mengambil pemilih millenial. Selain usia yang tergolong masih muda, performance Atika lebih mudah masuk ke pemilih pemula. Apalagi ia mempunyai disiplin ilmu ekonomi,” kata Khairil.

Di sisi lain, Khairil menyebut, setiap bakal calon Bupati Madina mesti lebih hati-hati menentukan siapa pendampingnya untuk menjadi bakal calon Wakil Bupati. Karena, posisi wakil tentu sangat berpengaruh pada pencapaian perolehan suaranya nanti.

“Hebat pun calon Bupati nya, kalau calon wakil nya tidak bisa mengimbangi, bisa saja nanti kewalahan menghadapi pasangan calon yang lain. Artinya, posisi wakil ini juga cukup menentukan. Semua harus dikaji, pendidikan, tingkat pengaruh, penzonasian wilayah pemilihan, dan sebagainya,” katanya. (wan)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button