Berita

Puting Beliung Rusak 6 Rumah

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Enam unit rumah rusak akibat diterjang angin puting beliung, di Huta Padang Bulan, Nagori Sihubu Raya, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun, Senin (2/9/2019) sekira pukul 20.30 WIB. Sebelum kejadian, arus listrik padam dan hujan deras disertai petir menggelegar.

Tak lama, angin kencang berputar menggulung atap rumah warga dan pepohonon. Akibatnya, banyak pepohonan, seperti durian, aren, jengkol dan pisang bertumbangan.

Enam rumah yang rusak yaitu milik Deli Sariani Sinaga (48), Jerpinus Saragih (45), dan Elson Sitopu (55). Kemudian, Hotmaria Purba (55), rumah dinas SD Negeri 091343 Padang Bulan, dan milik Ersi Saragih (73).

Pangulu Nagori Sihubu Raya, Ferry Dionsyah Damanik bersama Babinsa Koramil 14 Raya Sertu Dedek Utama dan Kopda John Efendy Purba di lokasi kejadian, Selasa (3/9/2019) sekira pukul 14.30 WIB, membenarkan kejadian tersebut.

“Ya, semalam angin puting beliung menggulung seng rumah warga. Ada rumah warga rusak. Paling parah rumah milik Deli Sariani Sinaga. Juga banyak pohon tumbang,” ujarnya.

“Awalnya hujan deras disertai petir, terus listrik padam sehingga gelap gulita dan berkabut. Tiba-tiba ada angin kencang yang suaranya seperti kipas angin, berputar-putar seperti gasing menggulung tanaman dan seng rumah,” sebutnya.

Ditambahkannya, durasi angin puting beliung hanya sekejap, namun berbahaya.

“Sekitar lima menit, tetapi langsung mengamuk seperti gasing berputar-putar.  Hanya di sekitar tempat itu saja, dan menerbangkan seng-seng rumah warga,” terangnya.

Akibat kejadian itu, total kerugian sekitar Rp5 juta. Pihaknya pun telah bergotong-royong memerbaiki rumah yang rusak berat.

“Kalau dihitung, total kerugian Rp5 juta. Kita juga telah gotong-royong memerbaiki rumah milik Deli Sariani Sinaga yang rusak berat. Kejadian ini sudah kita laporkan ke camat dan pihak kepolisian,” tandasnya. (mag-05)

iklan usi



Back to top button