Berita

Pusterad Gelar Asistensi Teknis Penyelenggaraan Komsos

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Pusat Teritorial Angkatan Darat (PUSTERAD) menggelar acara Asistensi Teknis Penyelenggaraan Komunikasi Sosial (komsos), yang digelar di Aula Gupala Makorem 023/KS, Jumat (22/3).

Komsos tersebut dipimpin langsung oleh Wadan Pusterad Brigjen TNI Joko Warsito, didampingi Letkol Inf Suparno. Turut hadir pada kegiatan tersebut, Danrem 023/KS Kol Inf Tri Saktiyono, Kasrem 023/KS Letkol Inf I Gusti Ketut Artasuyasa, Dandim 0211/TT Letkol Inf Jimmy Rihi Tugu, Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul, Polri, perwakilan OPD Tapteng, para lurah/kades, para Babinsa, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan ormas se-wilayah Sibolga dan Tapteng.

Dalam sambutannya Danrem mengatakan, secara garis besar kegiatan teritorial telah dilaksanakan beserta jajarannya Kodim 0211/TT, baik kegiatan program maupun non program. “Saya selaku Danrem 023/KS mengharapkan bimbingan dan arahan dari tim Pusterad dalam rangka menyamakan persepsi komando atas, dalam hal ini pusterad dengan satuan komando kewilayahan di Korem 023/KS. Sehingga, kegiatan teritorial yang kami laksanakan dapat berjalan sesuai dengan Tupoksi TNI AD,” kata Danrem sembari mengimbau kepada seluruh aparatur kewilayahan, khususnya Babinsa, agar menindaklanjuti pengarahan yang disampaikan oleh tim Asnis pusterad dan menjadikan pedoman dalam melaksanakan pembinaan wilayah.

Lebih lanjut disampaikannya, Babinsa sebagai ujung tombak satuan kewilayahan harus mampu secara optimal bekerja di lapangan dalam melaksanakan pembinaan teritorial untuk mempertahankan keutuhan NKRI. “Kepada seluruh babinsa agar tetap menjaga sinergitas baik dengan instansi pemerintahan, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh pemuda yang ada di wilayah. Sehingga, kita dapat menyukseskan program pemerintah yang lebih baik lagi kedepannya,” tegas perwira lulusan Akmil 1993 tersebut.

Sementara, Wadan Pusterad Brigjen TNI Joko Warsito pada kesempatan tersebut, membacakan amanat Danpusterad Mayjen TNI Arif Rahman M A Yang mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut untuk bersilaturahmi dan menyamakan persepsi tentang penyelenggaran binter di satuan pelaksana. Baik satkowil maupun satnonkowil jajaranTNI AD dengan berpedoman pada kebijakan KASAD Tahun 2019 Bidang Teritorial.

Dalam amanatnya tersebut, Danpusterad juga menekankan tentang lima kemampuan teritorial sebagai kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap prajurit TNI AD, khususnya Apkowil. Baik secara individu maupun dalam hubungan satuan. Agar dapat melaksanakan tugas-tugas Pembinaan Teritorial secara profesional, efektif dan efisien, juga aplikasi delapan wajib TNI.

“ Babinsa juga harus membantu dan memahami aturan penyelenggaraan Pilkada/Pilkades, monitor indikasi teroris di wilayah, monitor peredaran narkoba, peka terhadap wabah penyakit di wilayah, peka terhadap isu sara dan antar kelompok. Membantu masyarakat dalam ketahanan pangan. Tugas Babinsa adalah melaksanakan pembinaan teritorial sesuai petunjuk atasannya. Yaitu komandan Komando Rayon Militer. Yang meliputi, mengumpulkan dan memelihara data pada aspek geografi,demografi, hingga sosial dan potensi nasional di wilayah kerjanya. (ts)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button