Berita

Pungli SK Guru Honorer di Simalungun: Copot Kadis dan Perangkatnya

FaseBerita.ID – Terkait maraknya pengaduan pungli dalam pengambilan SK Guru Honorer di Kabupaten Simalungun yang dilakukan oleh oknum Kepsek membuat sejumlah anggota DPRD berang.

Salahsatunya Wakil Ketua DPRD Simalungun dari Partai Gerindra Sastra Joyo Sirait. Ia merasa gerah dan bahkan meminta Bupati agar mencopot Kepala Dinas Pendidikan Simalungun dan perangkatnya.

“Ini tidak bisa dibiarkan terus menerus terjadi di Kabupaten Simalungun. Mental-mental oknum ASN yang membebankan sejumlah biaya untuk pengambilan SK Guru Honorer di luar ketentuan dan kesepakatan sewaktu Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang sebelumnya. Itu kan sangat keterlaluan,” kata Sastra, Rabu (19/2).

Dijelaskan, beberapa waktu lalu, Komisi IV DPRD Simalungun bersama Dinas Pendidikan menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP).

Dalam RDP itu para wakil rakyat yang hadir saat itu meminta agar tidak ada lagi pengutipan untuk penerbitan SK Honorer Guru dan itu sudah disetujui pihak Dinas Pendidikan.

“Ini kan sudah melenceng dari kesepakatan yang telah dibangun bersama antara DPRD dan Dinas Pendidikan. Sudah saatnya ada perubahan dengan pelaksanaan sistem pemerintahan harus benar-benar transparan dan akuntabel, sebagaimana salah satu program Pemerintah Pusat. Jangan ada lagi pungli-pungli di Dinas Pendidikan ini. Bagaimana kita meningkatkan SDM masyarakat, kalau ditingkat tenaga pendidik saja sudah begini,” pungkasnya kecewa. (Adi)

Asner Idul Fitri

Pasca Sarjana USI

Mahasiswa Unefa

Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close