Berita

Puluhan Tahun Peternakan Babi di Silomangi Tak Berizin!!

SIANTAR, FaseBerita.ID – Peternakan babi tak berizin sudah berlangsung selama puluhan tahun di Silomangi, Kelurahan Mekar Nauli, Siantar Marihat, Kota Pematangsiantar.

Hal itu dibenarkan salah seorang warga, ia mengatakan bahwa peternakan babi tersebut sudah bertahun-tahun beroperasi dan pembuangan limbahnya ke sungai.

Kabid Perizinan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Mardiana saat dikonfirmasi menegaskan, bahwa pihaknya tidak pernah mengeluarkan ijin ternak di lingkungan Kota. Apa lagi untuk peternakan babi sebanyak itu.

“Kami tidak ada mengeluarkan izin untuk peternakan itu, di Siantar untuk jenis usaha peternakan tidak diperbolehkan” tegas Mardiana.

Terpisah Kabid Dinas Lingkungan hidup saat dikonfirmasi membenarkan kabar tersebut. Dan pihak Dinas Lingkungan Hidup sudah memberikan surat teguran kepada pemilik peternakan.

“Pada hari Senin, (30/9/2019) kita sudah memberikan surat teguran kepada pemilik ternak babi,” ujarnya.

Terpisah saat dikonfirmasi, Koko (nama panggilan anak pemilik) mengungkapkan sudah sekitar 25 tahun usaha ternak beroperasi. Koko juga menjelaskan bahwa untuk pembuangan limbah sebelumnya sempat tidak dioperasikan lagi, namun setelah Dinas Lingkungan Hidup Kota Pematangsiantar turun ke lokasi, menganjurkan agar mengoperasikan kembali fungsi pembuangan limbah sebelumnya.

“Dulu memang difungsikan tempat pembuangan limbah, namun karena ada permintaan masyarakat sekitar untuk membuka saluran pembuangan limbah ke sawah dan kolam masyarakat,” ucapnya.

Selanjutnya saat dikonfirmasi soal izin, Koko mengatakan sudah ada upaya untuk hal itu.

“Lagian limbahnya masyarakat sekitar yang minta, dan tempat limbahnya mereka yang buka-tutup,” tegasnya. (fi)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker