Berita

Puluhan Rumah dan Kios Ludes Terbakar di Pakkat

HUMBAHAS, FaseBerita.ID, Puluhan rumah di jalan Imam Bonjol, Desa Hau Agong, Kecamatan Pakkat, Humbang Hasundutan (Humbahas), Jumat (28/2) ludes terbakar.

Informasi dihimpun dari salahsatu warga Pakkat menyebutkan, peristiwa naas itu terjadi sekira pukul 11: 00 Wib. Api berwal dari salahsatu rumah/toko warga. Kemudian dengan cepat membakar isi toko yang diduga berisi BBM dan tabung gas LPG serta menjalar ke rumah yang lain di sekitarnya.

Warga berusaha memadamkan api dibantu dibantu satu unit mobil pemadam kebakaran yang ada di kecamatan tersebut. Namun, karena sejumlah rumah bahannya masih terbuat dari kayu dan barang-barang di dalamnya, seperti kardus dan plastik membuat api semakin cepat membesar menghanguskan puluhan rumah lainnya.

Pihak Damkar kemudian menurunkan tambahan mobil damkar dua unit dari Dolok Sanggul untuk membantu memadamkan kobaran api tadi. Selain itu, warga juga terpaksa merusak sejumlah rumah untuk mengatasi agar kebakaran tidak meluas. Api berhasil dipadamkan pukul 13:00 Wib.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut, namun kerugian diperkirakan mencapai miliaran rupiah.

Kapolres Humbahas, AKBP Rudi Hartono SIK MM melalui Kasubag Humas Aiptu S Purba saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Dia mengatakan, belum mengetahui jelas penyebab kebakaran itu. “Sedang didalami Lae. Saat ini personil sedang bekerja di lokasi kejadian,” singkatnya.

Berikut data korban yang rumahnya terbakar

Todo Purba, Saut MarbunTogu sihalohoMak Yanti SitohangJery PanggabeanPa Gabriel MahulaeDarwisah SihiteJus MarbunPa Marten Sihite, PCeris SimamoraNung NababanHarefa PangkasBintara Sihite, St. Simamora, Sarman damanik.

Kemudian, gudang kelontong milik Todo PurbaKios Samsul Purba; 4 (empat)  ruangan TK Negeri Pembina Pakkat, 1 (satu)  ruang kantor upt pendidikan,7 (tujuh)  unit kios Dinas Pasar Kab. Humbahas

Rumah yang sengaja dirusak untuk mencegah meluasnya kebakaran, yaitu Rumah Saut Marbun, Addin SimanjuntakKios milik Ajin Marpaung. (sht/leo)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button