Berita

Puluhan Pelajar Terjaring Razia Menangis Disuruh Hormat Bendera

SIANTAR, FaseBerita.ID – Puluhan pelajar Kota Pematang Siantar diamankan dari sejumlah warung internet (warnet) dan Gedung Pajak Horas pada saat jam berlangsung, Kamis (7/11/2019) sekira pukul 09.00 WIB.

Mayoritas mereka bolos karena terlambat masuk sekolah dan jenuh belajar. Bahkan ada yang mengaku karena ada mata pelajaran yang tidak disukai seperti yang dikatakan salah satu pelajar.

Razia kasih sayang yang digelar Dinas Pendidikan (Disdik) menjaring puluha siswa mulai dari tingkat SMP, STM, SMK yang didapat dari beberapa tempat seperti Jalan Kartini, Jalan Soa Sio dan Jalan Imam Bonjol.

Selanjutnya, puluhan pelajar yang terjaring dibawa ke kantor Disdik untuk dilakukan pembinaan. Serta disuruh menghormat bendera merah putih. Bahkan, pelajar tingkat SMP sampai ada yang menangis dan berjanji tidak akan mengulanginya kembali.

Sementara, Juniar Sinaga, selaku Koordinator Tim Patroli Sekolah menjelaskan, rajia kasih sayang tersebut diadakan karena banyak laporan dari masyarakat. Dan pihaknya kebetulan melihat banyak siswa yang masih berkeliaran saat jam belajar berlangsung. Kemudian mengamankan dan membawanya ke kantor.

“Harapan kita, semoga dengan adanya rajia ini, tingkat kesadaran siswa semakin bertambah. Sekolah lah yang bagus. Kasihan orang tuanya,” ujar Junimar Sinaga.

Tidak hanya itu, ia juga berpesan  kepada masyarakat, orang tua murid dan guru agar menjaga dan memantau aktivitas seluruh siswa.

Dalam rajia kasih sayang tersebut, sedikitnya ada sekira 25 pelajar masih memakai seragam sekolah.

“Setelah dibina di sini, kita akan mengembalikan mereka (pelajar, red) kepada pihak sekolah,” ujarnya.

Sementara Dewi (23), Operator Warnet King Net di Jalan Siapa Sio mengatakan, pihaknya selalu melarang pelajar masuk ke warnetnya khususnya di jam sekolah.

“Sudah dilarang bang, tapi mereka paksa masuk. Mereka di sini main warnet dari jam 08.00 WIB. Mereka mengaku ada yang masuk siang. Ada juga yang mengaku sudah pulang sekolah. Kalau sudah begitu katanya, kami mau bilang apalagi,” ujarnya. (Mag-05/des)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close