Berita

Puluhan Kafe di Tanjung Pinggir Belum Punya Izin

SIANTAR, FaseBerita.ID – Puluhan Kafe remang-remang di Jalan Rondahaim, Kelurahan Tanjung Pinggir, Kecamatan Siantar Martoba, belum memiliki izin meski sudah puluhan tahun beroperasi.

Kepala Bidang Pariwisata Siantar Robert Irianto membenarkan informasi tersebut. Ditemui, Kamis (9/1) di ruang kerjanya, ia mengatakan sekitar puluhan kafe remang-remang di sana belum memiliki izin.

“Ada sekitar puluhan kafe di sana (Tanjung Pinggir, red) belum punya izin,” kata Robert.

Kapolsek Siantar Martoba AKP Resbon Gultom juga membenarkan ada puluhan kafe yang dijadikan sebagai tempat hiburan di daerah Tanjung Pinggir belum ada mengurus izin keramaian.

“Mereka belum ada yang mengurus izin keramaian. Lagian tempat hiburan malam itu sekarang sudah mulai beralih fungsi menjadi warung tuak (lapok),” ujarnya.

“Itu kan lahan Tanjung Pinggir. Masih sengketa dan dalam proses tahap penyelesaian antara Pemko Siantar dengan masyarakat di sana,” ujarnya.

Terpisah, Gilbet Hutahaean (24) warga Jalan Medan Kelurahan Sumberjaya Kecamatan Siantar Martoba, saat berbincang dengan wartawan Jumat siang mengatakan, tindak kejahatan di kawasan Jalan Medan dan sekitarnya, belakangan semakin merajalela.

Seperti jambret dan tindak pidana perampasan barang berharga terhadap masyarakat yang melintas.

“Ada kemungkinan dilatar belakangi dengan hadirnya sejumlah kafe itu. Karena di sana bebas memperjualbelikan minuman beralkohol,” katanya.

Warga Pematangsiantar ini menyayangkan tidak adanya ketegasan pihak penegak hukum.

Padahal, kawasan Tanjung Pinggir merupakan sasaran utama pihak Kepolisian, Satpol-PP dan Dinas Sosial saat melakukan razia pekat khususnya menjelang Natal dan Idul Fitri.

Namun razia pekat tersebut hanya berjalan lancar tanpa ada ketegasan untuk meminta surat izin usaha.

“Kalau tak ada izin, harusnya usaha itu ditutup saja,” ujarnya.

Ia justru menilai razia yang dilakukan hanya sebagai formalitas, makanya tidak ada titik terang sampai saat ini. Sebab, tidak ada tindakan dari penegak hukum terhadap pemilik usaha yang tidak memiliki izin. (Mag-03/fe)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button