Berita

Pulang Beli Sabu, Ditangkap di Jembatan Kalangan

FaseBerita.ID – Polisi menangkap seorang pria dari sekitar jembatan Kalangan di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Jumat (3/4) lalu sekira pukul 00.30 WIB.

Dari tangan pria berinisial IRS (21) warga Jalan Padangsidimpuan, Gang Parabola, Kelurahan Pandan, tersebut polisi menyita barang bukti sabu sebanyak 1 bungkus, dengan berat 0,92 Gram.

Menurut Kapolres Sibolga AKBP Triyadi dalam keterangan persnya melalui Kasubbag Humas Iptu Ramadhansyah Sormin, IRS ditangkap saat berboncengan dengan temannya.

Dari pengakuannya, diketahui bahwa IRS baru saja pulang belanja sabu dari daerah Muara Nibung, Tapteng. “IRS sudah menjadi target kita. Saat petugas melihat dia dibonceng naik kreta di dekat jembatan Kalangan, langsung ditangkap,” kata Sormin, Selasa (7/4).

Sebelumnya, IRS sempat mencoba menghilangkan barang bukti dengan cara membuang sabu yang ada ditangannya.

“Terlihat oleh petugas dia membuang sesuatu. Sehingga diamankan dan pengemudi kreta melarikan diri. Setelah dicari benda yang dibuang, ditemukan dan ternyata yang dibuang adalah serbuk warna putih terbungkus plastik bening dibungkus plastik asoy warna merah,” ungkapnya.

IRS dan barang bukti akhirnya digelandang ke Mapolres Sibolga. Dari hasil tes, urine IRS positif mengandung amphetamine. Diapun kemudian ditetapkan sebagai tersangka. Kepada polisi, tersangka mengaku, kalau sabu tersebut bukan miliknya, melainkan milik seseorang yang menyuruhnya membeli sabu dari daerah Muara Nibung.

“Kamis (2/4) sekira pukul 23.00 WIB, ketika tersangka nongkrong di jembatan Kalangan dekat simpang Pesantren, datang temannya, identitasnya telah kita kantongi, mengatakan pergi dulu belanja dan ini uangnya. Tersangka menerima uang sebanyak Rp1.200.000. Kemudian tersangka dibonceng naik kreta oleh teman yang menyuruh untuk membeli sabu-sabu,” terang Sormin.

Tersangka lalu pergi membeli sabu ke tempat langganannya. Setelah menerima sabu dari penjual, tersangka sempat mengkonsumsi sebagian sabu yang dia beli.

“Tersangka mengambil sebagian sabu yang dia beli. Kemudian di konsumsi dengan bong milik penjual. Setelah itu, merekapun berencana pulang. Di tengah jalan, tersangka ditangkap,” pungkasnya.

Dari data Kepolisian, tersangka sebelumnya pernah dihukum pada tahun 2013 dalam kasus penganiayaan. Dihukum selama 3 bulan di Lapas Tukka.

Kini tersangka kembali meringkuk ditahanan Polres Sibolga karena telah melakukan tindak pidana, setiap orang tanpa hak atau melawan hukum membeli, menerima atau menyediakan Narkotika golongan I atau memiliki, menyimpan, menguasai dan menyediakan Narkotika golongan I jenis bukan tanaman (sabu) atau setiap penyalahguna Narkotika golongan I bagi diri sendiri.

Sebagaimana dimaksud dalam pasal 114 ayat 1, Subsider pasal 112 ayat 1 dari Undang-undang RI nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika diancaman hukuman diatas 5 tahun. (ts)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button