Berita

Pukul Honorer, Kadispora Tanjungbalai Divonis 3 Bulan Kurungan Percobaan

TANJUNGBALAI, FaseBerita.ID – Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Tanjungbalai, divonis 3 bulan kurungan percobaan atas dugaan pemukulan honorer yang digelar di ruang cakra Pengadilan Negeri TBA, Kamis (23/1) sekitar pukul 11.00 Wib.

Sidang perkara tindak pidana ringan (Tipiring) tersebut, dipimpin oleh Dahnil AP Sitepu sebagai Hakim tunggal dan menghadirkan penyidik satu Reskrim Polres Aiptu Zulpan dan anggotanya hakim.

Dalam keterangannya, pelapor, Oji Sahputra Siagian mengaku, bahwa dirinya dipukul pada saat masih menggunakan helm.

Sebelum kejadian, dirinya setiap bertemu selalu dimarahi pimpinannya dengan mengatakan, ”woi sini kau, kenapa kau gak masuk kerja” Dan saat kejadian tersebut, baru dua langkah masuk dari pintu kantor, dirinya sudah di panggil kepala dinas dan bertanya,”woi kesini kau, kata kepala dinas (Siman-red), kenapa gak masuk semalam “, dan akhirnya saat keadaan situasi panas dan emosi maka dirinya membantah, hingga terjadi pemukulan terhadapnya, selanjutnya keluar dari kantor sampai membuat pelaporan resmi ke Mako Polres Tanjungbalai ditemani dengan temannya bernama Ai, Jelasnya.

Kanit Lidik II Zulpan yang bertanya kepada Oji mengaku, pada saat pemukulan tersebut tidak ada saksi karena pada saat itu, Kadis melakukannya dengan spontan, jelas Oji.

Sementara terlapor, Kadis Disporapar Kota Tanjungbalai Siman membantah sebahagian ucapan terlapor Oji, dan mengaku bahwa memang ada ngomong tapi  tidak ada memukul.

Sementara pengakuan dari Ernawati, staf di dinas tersebut, mengatakan, ada bertemu dengan Siman, namun tidak melihat pemukulan tersebut.

Seorang Tenaga Kerja Sementara (TKS) Budi Munthe, mengaku, tidak ada melihat pemukulan namun para pegawai lainnya mengaku bapak marah.

Sedangkan Muhammad Riza seorang staf dalam pengakuannya mengatakan, saya melihat kadis ada menegur dan memukul Oji, dan hal itu wajar selalu kepala dinas/pimpinan menasehati anggotanya, karena memukul pun tidak keras hanya mengguit Kepala Oji, Sebut Riza kepada Ketua Majelis Hakim tunggal.

Maimunah mengatakan, membenarkan ada melihat pemukulan yang dilakukan Kadis kepada Oji, karena tidak hadir dan tidak disiplin, serta memukul dengan cara pelan, namun hal itu terjadi dimungkinkan Oji berucap tidak sopan kepada kadis.

Diakhir sidang yang digelar hanya beberapa menit, Kepala Dinas (Disporapar) Kota Tanjungbalai mengaku menyesal dengan perbuatan yang dilakukannya.

Sementara setelah sidang ditunda beberapa menit, Majelis Hakim tunggal Dahnil AP Sitepu, membacakan putusan atau menvonis tiga bulan masa percobaan kurungan terhadap terdakwa Siman, karena terbukti bersalah melakukan pemukulan terhadap bawahannya. (CK04)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close