Berita

PT Taspen (Persero) Salurkan Beras Premium Murah kepada ASN dan Pensiunan

SIANTAR, FaseBerita.ID – PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri Sipil (Taspen) Persero Cabang Pematangsiantar menyalurkan beras premium dengan harga terjangkau kepada ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pensiunan. Kegiatan berlangsung sejak Senin (14/10/2019) hingga Rabu (16/10/2019).

Kepala Cabang PT Taspen Pematangsiantar Noviardi melalui Kabid Umum dan SDM M Harry Saputra kepada media ini mengatakan bahwa paket beras yang disalurkan berjumlah 680 paket yang bisa ditebus ASN dan pensiunan dengan harga terjangkau, hanya dengan menggunakan Kartu Peserta Taspen dan Kartu Pensiunan Taspen.

“Jadi kegiatan ini merupakan sinergi BUMN yang ditujukan untuk ASN dan pensiunan. Kita menyalurkan beras Bulog Premium seberat 5 kilogram yang biasanya dibanderol Rp53 ribu dan dapat ditebus ASN atau pensiunan seharga Rp25 ribu saja,” kata Harry.

Menurutnya, penyaluran beras dilakukan di beberapa lokasi, di antaranya di kantor PT Taspen Cabang Pematangsiantar di Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Siantar Sitalasari, SMP Negeri 7, SMP Negeri 8, Kementerian Agama, Dinas Sosial, kantor BPKAD dan Kantor BKD Pematangsiantar. “Selain itu pada Rabu (16/10/2019) PT Taspen juga membagikan beras premium itu kepada ASN dan pensiunan di Badan Keuangan dan Kantor Arsip Pemkab Humbang Hasundutan (Humbahas).”

Disebutkan, saat penyaluran berlangsung, para ASN dan pensiunan cukup menunjukkan kartu ASN dan Kartu Identitas Pensiun (Karip) kepada petugas PT Taspen dan bisa membawa pulang beras premium yang ditebus seharga Rp25 ribu. Namun begitu, Harry mengakui jumlah paket yang sangat terbatas itu tidak bisa mencakup seluruh ASN dan pensiunan yang ada.

Harry mengatakan, kegiatan digelar dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada ASN dan pensiunan selaku peserta PT Taspen (Persero).

“Tak hanya itu, dalam program Taspen bersinergi dengan BUMN-BUMN ini, pemegang kartu ASN dan pensiun juga mendapat berbagai diskon untuk berbagai produk-produk lain. Contohnya, diskon 30 persen untuk berlangganan IndiHome dari PT Telkom, serta ada potongan untuk pemesanan paket tour wisata dan ibadah haji/wisata religi di anak perusahaan Garuda, yakni PT Aeroglobe Indonesia. Termasuk di Pegadaian, ASN dan pensiunan juga bisa mendapatkan diskon dari transaksi khusus yang dilakukan,” ujar Harry.

Tak hanya sampai di situ, Harry mengungkapkan bahwa kedepan akan selalu ada inovasi layanan dari PT Taspen yang lain yang sangat menguntungkan ASN dan Pensiunan .

“Teranyar, kita sedang menjajaki kerjasama dengan transportasi online. Jadi nanti para ASN dan pensiunan akan mendapat diskon jika menunjukkan kartu ASN dan kartu identitas pensiun saat naik taksi online maupun ojek online. Kerjasama dengan transportasi online ini memang sudah diterapkan di beberapa daerah, namun untuk Kota Pematangsiantar sedang kita jajaki,” tukasnya sembari berharap kedepan kartu Taspen yang dipegang oleh PNS dan pensiunan bisa menjadi media diskon dari berbagai produk.

“Intinya PT Taspen (Persero) akan selalu berkomitmen untuk melayani Para Pejabat Negara, ASN, dan Pensiunan dengan Pelayanan yang prima.”

Sebelumnya para pensiunan di wilayah kerja PT Taspen Cabang Pematangsiantar juga diimbau segera melakukan perekaman data biometrik ke kantor bayar terdekat atau bisa melalui mobil layanan keliling yang akan standby di kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) masing-masing kota dan kabupaten.

Kepala Cabang PT Taspen Pematangsiantar Noviardi mengatakan, perekaman data biometrik dilakukan dalam rangka peningkatan layanan kepada para pensiunan. Dimana PT Taspen sedang mengembangkan sistem digitalisasi pelayanan pembayaran pensiun dengan menggunakan media kartu pintar (Taspen Smart Card). Nah, untuk hal tersebut maka diperlukan proses perekaman data biometrik (enrollment).

Adapun sistem digitalisasi pelayanan pembayaran pensiun dengan menggunakan media kartu pintar (Taspen Smart Card) itu nantinya bermanfaat dalam kemudahan proses verifikasi kebenaran penerima pensiun (otentikasi).

“Selama ini para peserta diwajibkan hadir setiap bulan di Mitra Bayar. Dengan data biometrik hasil enrollment, otentikasi dapat dilakukan secara online dan live detection dengan menggunakan smartphone. Selain itu, media kartu pintar itu nantinya akan memberikan kemudahan, keamanan dan kenyamanan saat pengambilan uang pensiun dan kedepannya dengan Taspen Smart Card pensiunan tidak lagi terikat waktu dan tempat pengambilan, karena dapat dilakukan di ATM-ATM terdekat,” ujar Noviardi.

Dijelaskan, kondisi saat ini, terdapat 9.480 penerima pensiun yang belum melakukan perekaman data biometrik (enrollment) dari total populasi pensiun di 18 kabupaten/kota wilayah kerja PT Taspen (Persero) Cabang Pematangsiantar sebanyak 54.389 orang.

“Untuk kelancaran pembayaran pensiun, kami mengimbau kepada semua penerima pensiun yang belum melakukan perekaman data agar dapat mendatangi kantor Badan Kepegawaian Daerah sesuai jadwal operasional mobil layanan Taspen. Atau bagi yang berdomisili di Kota Pematangsiantar dan sekitarnya dapat langsung melakukan perekaman data biometrik di kantor PT Taspen (Persero) dengan membawa KTP, buku rekening dan Karip (asli).”

Sementara itu bagi para penerima pensiun yang saat ini kondisinya sakit (uzur) sehingga tidak dapat melakukan enrollment, agar segera melaporkan ke kantor bayar (Bank/Pos) tempat pembayaran pensiun masing-masing, untuk selanjutnya kantor bayar akan melaporkan secara kolektif ke PT Taspen (Persero) Cabang Pematangsiantar.

Adapun jadwal operasional Mobil Layanan Taspen (Mobtas) tahun 2019 di kabupaten dan kota wilayah kerja PT Taspen Pematangsiantar adalah; BKD Kota Padangsidimpuan pada 22-25 Oktober, 26-29 November dan 24-27 Desember. BKD Mandailing Natal pada 21 Oktober, 25 November dan 23 Desember. BKD Tapanuli Tengah di Pandan pada 17 Oktober, 21 November dan 19 Desember. BKD Kota Sibolga pada 16 Oktober, 20 November dan 18 Desember. BKD Tapanuli Utara di Tarutung pada 15 Oktober, 19 November dan 17 Desember. BKD Toba Samosir di Balige yang juga mencakup wilayah Kabupaten Samosir pada 14 Oktober, 18 November dan 16 Desember.

BKD Labuhanbatu Utara (Labura) pada 11 Oktober, 15 November dan 13 Desember. BKD Rantauprapat pada 14 November dan 12 Desember. BKD Labuhanbatu Selatan (Labusel) pada 13 November dan 11 Desember. BKD Padanglawas Utara (Paluta) di Gunungtua pada 12 November dan 10 Desember.

Selanjutnya BKD Padanglawas di Sibuhuan pada 11 November dan 9 Desember. BKD Humbang Hasundutan pada 6 November dan 4 Desember. BKD Pakpak Bharat pada 5 November dan 3 Desember. Terakhir BKD Dairi di Sidikalang pada 4 November dan 2 Desember. (rel/hez)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button