Berita

PT BTN Persero dan HKBP Jalin Kerjasama Layanan Perbankan

SIANTAR, FaseBerita.ID – Pihak PT BTN dan HKBP menandatangani nota kesepemahaman pemanfaatan jasa dan layanan perbankan di Hotel Sapadia Kota Pematangsiantar, Jumat (20/9/2019).

Kegiatan dihadiri langsung BM KC Pematangsiantar Agus, Kadiv RRD Sahat Sihombing, Ketua STT HKBP Pdt Dr Victor Tinambunan, Bendahara Umum HKBP Pdt Adventus Lumbantobing, Sekjen HKBP Pdt David Farel Sibuea MTh DMin, Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumban Tobing, Direktur Finance Treasury & Strategy bapak Nixon LP Napitupulu, Kepala kanwil Regional IV Sumatera Manahan Hutapea, Kadiv Finance and Accounting Rudolf Valentino Saragih, Kepala Biro Hukum HKBP Pdt Betty Sihombing, Wakil Kepala Biro Jemaat HKBP Pdt Sumehat Purba STh dan Kadep Divisi Aset Management Paulus Simanjuntak.

Kegiatan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, perkenalan pihak BTN Persero, kata sambutan dan penandatangan perjanjian antara Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumban Tobing dengan Direktur Finance, Treasury & Strategy Nixon LP Napitupulu.

Direktur Wilayah IV Sumatera Manahan Hutapea, dalam sambutannya mengatakan, kerjasama ini impian pribadi sejak lama. Produk ini diharapkan bisa melayani lewat HKBP dan berjalan dengan baik.

“Tugas BTN saat ini khusus menyalurkan KPR (kredit kepemilikan rumah). Tahun 2015, Presiden Jokowi sudah meminta kepada BTN untuk membuat KPR sebanyak 100 juta rumah,” ujarnya.

Menurut Manahan, masalah yang dihadapi Negara saat ini, sekitar 11 juta masyarakat tidak memiliki rumah. Sedangkan rasio kepemilikan rumah di Negara lain sudah merata.

“Kita sudah dipercayakan pemerintah langsung untuk membantu perencanaan perpindahan ibu kota baru, 500 ribu unit rumah mulai tahun depan untuk ASN sudah direncanakan. Semakin banyak pemerintah bekerja dengan pihak-pihak BUMN, jadi tidak selamanya akan mengandalkan APBN karena akan semakin banyak bekerja dengan pihak BUMN,” terangnya.

Manahan juga menjelaskan bentuk-bentuk program kerjasama antara BTN dengan HKBP. Program itu antara lain Pelayanan jasa perbankan, tabungan, biro, penggajian pembayaran dan lain sebagainya.

“Ada juga kerja sama berupa pelatihan pendidikan terutama buat sekolah-sekolah. Dan yang paling penting juga kita membuka peluang kesempatan buat pendeta pembiayaan pembuatan perumahan tentu dengan bunga yang rendah. Karena yang kita ketahui banyak pendeta yang tidak memikirkan duniawi, hanya memikirkan surgawi, sehingga mereka kadang lupa memikirkan untuk punya rumah, kita juga ingin pendeta itu hidupnya sejahtera” terangnya.

“Ini merupakan pertama kali pihak BTN dan HKBP bekerja sama, semoga kedepannya kerja sama ini berlangsung terus dan tetap terjalin.

Sementara Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumban Tobing dalam sambutannya, mengucapkan terimakasih kepada pihak BTN. Dan pihaknya merasa senang dengan kerja sama ini. Semoga kerja sama ini saling bermanfaat satu sama yang lain terutama di dalam Tuhan.

“Kedepan saya kira dapat direalisasikan. Kami juga sangat mengharapkan, melalui kerjasama ini dapat saling menguntungkan kedua lembaga ini. Tahun depan bisa di realisasikan dengan posisi kita masing-masing. Saya menyambut dengan gembira, dengan hangat bisa menjalin kerjasama ini. Untuk merealisasikan kerja sama ini harus dari tahap demi tahap,” ujarnya.

“Mudah-mudahan kedepannya kerja sama ini tetap berjalan dengan lancar dalam rencana Tuhan. Apa yang dicita-citakan BTN terlaksana dan kerjasama ini dapat berjalan sesuai dengan jalurnya dan tetap terjalin dengan baik,” katanya.

“Kami berupaya agar pelayan di gereja mendapatkan bantuan dan dukungan serta bekerja sama bukan hanya satu lembaga saja melainkan ke semua lembaga. Saya juga berharap ke depan, bersama BTN dapat menjalin kerjasama lagi dan kemulian bagi Tuhan dan kesejahteraan bagi umat-Nya,” pungkasnya. (mag04)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close