Berita

PSMTI dan HTT Bantu Warga Lewat DPRD Sibolga

FaseBerita.ID – Warga etnis Tionghoa yang tergabung dalam Paguyuban Sosial Marga Thionghoa Indonesia (PSMTI) Sibolga dan Himpunan Tjinta Teman (HTT) Kota Sibolga kembali menyerahkan bantuan kepada warga kurang mampu yang terdampak pandemi virus corona.

Bantuan sebanyak 2 ton beras yang disalurkan melalui DPRD Sibolga itu dibagikan kepada warga yang bekerja sebagai penarik becak, supir angkutan kota (angkot) dan pemain keyboard, Selasa (7/4) lalu. Adapun bantuan yang disalrukan yakni kepada 300 penarik betor, 100 supir angkutan perkotaan dan 21 oang pemain keyboard.

Aksi penyaluran bantuan itu dihadiri Ketua DPRD Sibolga Ahmad Syukri Nazri Penarik, Wakil Ketua DPRD Sibolga Jamil Zeb Tumori, anggota DPRD Sibolga diantaranya Selfi Kristian Purba, Herman Sinambela, Hj Nur Arifah dan lainnya serta Sekretaris DPRD Richard Pangaribuan beserta staf di DPRD Sibolga.

Ketua DPRD Sibolga Ahmad Syukri Nazri Penarik dalam keterangan persnya mengatakan, anggota DPRD Sibolga juga memiliki peran untuk membantu masyarakat sebab masyarakatlah yang memilih anggota DPRD Sibolga. “Sehingga kita pun meminta stakeholder lainnya seperti para pengusaha, Paguyuban Masyarakat Tionghoa untuk turut berperan serta membantu masyarakat,” katanya.

Terkait penanganan bantuan kepada masyarakat akibat merebaknya virus corona ini, katanya, dia berharap agar dana Cadangan Rp500 juta yang berasal dari APBD Sibolga dapat dimanfaatkan dengan baik. “Terutama dari biaya tak terduga tersebut, kami meminta kepada Pemerintah Kota Sibolga untuk dapat memaksimalkan anggaran tersebut,” imbuhnya.

Wakil Ketua DPRD Sibolga Jamil Zeb Tumori mengatakan, selain memberikan bantuan itu, anggota DPRD Sibolga juga telah menyampaikan gajinya untuk disampaikan ke dapilnya masing-masing.

“Ketua DPRD Sibolga juga telah menyurati Gubernur untuk melakukan revisi dana anggaran fisik. Ada sebanyak Rp69 miliar fisik yang kita minta agar dialihkan untuk logistic masyarakat. Jadi anggota DPRD Sibolga bukan hanya gajinya, bahkan pinjaman dari bank juga sudah diserahkan kepada masyarakat,” jelasnya.

Sebelumnya, Sekretaris HTT Sibolga Mestika Nauli mewakili warga Thionghoa Sibolga menyampaikan, bantuan yang diserahkan sebagai bentuk empati kepada warga yang terdampak COVID-19.

“Soal bagaimana mekanisme pembagian bantuannya, kita serahkan kepada DPRD Sibolga. Yang penting, tepat sasaran,” kata Mestika yang saat itu didampingi Ketua Paguyuban Sosial Masyarakat Tionghoa (PSMTI) Kota Sibolga Andri Parlinggoman.

Dia merinci, bantuan beras itu sebanyak 1 ton berasal dari Paguyuban Sosial Marga Thionghoa Indonesia Kota Sibolga, dan 1 ton dari Himpunan Tjinta Teman (HTT) Sibolga.

“Kita menyadari perekonomian saat ini mulai melemah dampak Covid-19, sehingga warga Thionghoa terpanggil untuk membantu. Apalagi teman-teman kita tukang becak bermotor, sopir angkot, pemain keyboard tentu penghasilannya mulai berkurang,” ujar Mestika seraya berharap Covid-19 segera berlalu. (mis/rb)



Unefa

Pascasarjana
Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close