Berita

PSI Gabung ke Perindo: Bentuk Fraksi Gabungan di DPRD Humbahas

HUMBAHAS, FaseBerita.ID – Perindo dan (Partai Solidaritas Indonesia) PSI Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), membentuk fraksi gabungan. Pembentukan fraksi gabungan ini ditandatangani oleh Ketua Partai Perindo Guntur Simamora, Ketua PSI Tomos Pangkiriman Purba, dan anggota dewan terpilih Charles Ary Herianto Purba, serta Poltak Purba, di Kantor DPRD Humbahas, Jumat (27/9/2019) lalu.

Kedua partai ini harus membentuk fraksi gabungan, sebab jumlah masing-masing partai tersebut kurang dari jumlah minimal pembentukan kursi, yakni 3 kursi. Berdasarkan hasil Pemilu 2019, PSI mendapatkan satu kursi, sedangkan Perindo memiliki dua kursi.

“Jadi kami bergabung di fraksi ini. Pertama karena kesamaan azas, yakni Pancasila,” ungkap Ketua Partai Perindo Guntur Simamora.

Selain azas Pancasila, Guntur juga mengungkapkan, tujuan dari gabungan itu juga karena sama-sama menjaga NKRI dan UUD 45. Dengan harapan, dari gabungan ini bisa dapat bekerja secara maksimal dengan memperjuangkan aspirasi masyarakat.

“Itu saja tujuan kami, demi memajukan Humbahas khususnya,” katanya.

Kemudian, soal nama fraksi, kedua partai ini sepakat dengan nama fraksinya, Persatuan Solidaritas.

Menurut Ketua PSI Tomos Pangkiriman Purba, nama fraksi itu karena ada kesepahaman dari dasar, berupa visi dan misi. Selain itu, lanjutnya, karena jauh sebelumnya, PSI dan Partai Perindo sudah melakukan diskusi bersama.

“Jadi, kami sepakat dan sepahaman demi Humbahas lebih maju nantinya. Dan juga pengawasan akan teratur dan terorganisir dengan meningkatkan Humbahas,” ujar Pangkiriman.

Sebagai representasi partai politik di DPRD Humbahas, tambah Guntur, fraksi gabungan ini harus bisa menyuarakan suara masyarakat, khususnya pemilih.

“Kami akan selalu berkomunikasi membuka diri dan melihat bagaimana kepentingan masyarakat ke depan di Humbahas,” jelasnya.

Perlu diketahui, total di DPRD Humbahas akan ada 6 fraksi nantinya, jumlah yang sama seperti periode sebelumnya.

Selain fraksi gabungan Persatuan Solidaritas, ada fraksi Partai PDI Perjuangan (7 kursi), demikian juga fraksi Partai Golkar (5 kursi), dan fraksi Partai Hanura (4 kursi), kemudian fraksi Partai Nasdem (3 kursi). Sementara, Partai Gerindra yang memiliki 2 kursi, ditambah Partai Demokrat satu kursi, diperkirakan akan bergabung. (mag-12/saz)



Unefa

Pascasarjana
Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close