Berita

Proyek Drainase Belum Tuntas, Warga Parapat Merasa Dirugikan

FaseBerita.ID – Warga Jalan Sisingamangaraja Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon KabupatenSimalungun, mendesak Aparat Penegak Hukum (APH) memeriksa pelaksana pembangunan drainase di  Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Parapat, tepatnya di Jalan SM Raja Parapat yang terkesan dikerjakan asal-asalan.

M Sinaga (55), warga Parapat, Selasa (3/11), menyampaikan bahwa proyek yang kabarnya bernilai Rp5 Miliar dari APBN tersebut juga tidak mencantumkan plank proyek.

“Proyek itu dikerjakan awal bulan Mei lalu, dan ditenggat 180 hari. Nah itu artinya proyek pembangunan saluran air di kiri-kanan  Jalan LintasSumatera (Jalinsum) itu sudah harus finishing pada bulan Oktober, nyatanya sampai saat ini bulan November, proyek ini masih menganga alias belum siap. Lalu dikemanakan uang Negara tersebut, hingga proyek ini tidak tuntas,” kata Sinaga didampingi warga lainnya bermarga Sidabutar.

“Ini Jalan Lintas Sumatera lho, dan berada di Ibukota Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Parapat lebih dikenal dengan kota wisata Danau Toba. Jadi jangan seenak merekalah, sebab mata pencaharian kami juga jadi terbengkalai, akibat lambannya pengerjaan proyek draninase ini,” katanya.

Pasalnya, lokasi parkir di depan restoran dan rumah-rumah makan di sepanjang jalan SM Raja menjadi terganggu karena proyek yang belum tuntas tersebut.

Informasinya, tim tenaga ahli proyek ini dari PT Mono Heksa, KSO dan PT Secons yang berkedudukan di Surabaya.

“Pihak PU Binamargapun sepertinya enggan turun tangan, dan nyaris tidak pernah mengecek proyek ini ke lapangan, dan yang kami tau Pak, ada Konsultannya bernama  Decky, tapi beliau tidak pernah kami lihat ke Parapat dan melihat proyek ini,” kata R Sidabutar.

Tapi saat Dekky, dikonfirm via WA beberapa waktu lalu justru menyampaikan, bahwa proyek itu belum selesai 100%, dan kalau ada titik yang kurang kami instruksikan pada penyedia untuk diperbaiki sesuai dengan kontrak.

Deky  mengatakan secara quality dan quantitynya sesuai dengan Spek. (aos/fi)

iklan usi



Back to top button