Berita

Proses Pemecatan 12 ASN Koruptor Terkendala: Status Bupati Asahan Belum Defenitif

KISARAN, FaseBerita.ID – Pemkab Asahan menyatakan proses pemecatan terhadap 12 ASN yang dinyatakan telah incraht dari Pengadilan Tipikor akan tetap berjalan. Kendati demikian proses tersebut masih terkendala status Surya yang masih dalam tahap Pelaksana Tugas Bupati (Plt) sehingga tidak bisa melakukan pemberhentian ASN.

“Selama ini masih terkendala dan tetap dipelajari serta terus kami kordinasikan. Jika Mendagri memberikan izin membolehkan Plt Bupati Asahan menerbitkan Surat Keputusan Pemberhentian ke 12 PNS tersebut,” kata Rahmad Hidayat Siregar, memberikan penjelasan kepada wartawan, Selasa (9/7/2019).

Sebelumnya, Pemkab Asahan menerima teguran Kemendagri kepada Pemkab Asahan. Teguran tersebut diakui oleh pihak Pemkab Asahan melalui Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi Informasi (Kominfo), Rahmat Hidayat Siregar. “Ya kita memang mendapat teguran Mendagri,” katanya kepada wartawan, beberapa waktu lalu.

Akan tetapi, Pemkab Asahan tak segera membeberkan 12 nama PNS yang tersandung korupsi itu setelah keputusan pemberhentiannya dikeluarkan oleh Plt Bupati Asahan. Dia memastikan, terdapat 12 nama PNS yang akan dilakukan pemecatan tidak dengan hormat (PTDH).

Padahal sebelumnya Mendagri Tjahyo Kumolo telah mengumumkan telah memberikan teguran kepada 11 Gubernur, 80 Bupati, dan 12 Walikota se Indonesia yang belum memberhentikan PNS yang tersandung korupsi.

Mendagri Tjahyo Kumolo memberi tengat waktu 14 hari kepada seluruh pimpinan kepala daerah termasuk Plt.

Bupati Asahan, Surya untuk segera menerbitkan surat keputusan PTDH. Jika tidak juga dilakukan, Kemendagri akan membuat surat teguran kedua. (per/rah)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close