Berita

Prodi Pendidikan Biologi FKIP ULB Terakreditasi Predikat B

FaseBerita.ID – Program Studi (Prodi) Pendidikan Biologi berdiri sejak Tahun 1999 yang dinaungi oleh Yayasan Universitas Labuhanbatu (ULB) pada Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 2448/SK/BAN PT/Akred/S/X/2016, menyatakan bahwa Program Studi Pendidikan Biologi Terakreditasi dengan peringkat B.

“Alhamdulillah, pada tahun 2019 Yayasan Universitas Labuhanbatu mengalami penyatuan menjadi Universitas Labuhanbatu sehingga STKIP Labuhanbatu pun berubah menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Labuhanbatu,” kata Ketua Prodi Pendidkan Biologi FKIP ULB Nurhakima Ritonga SPd MPd, Selasa (3/9/2019) di Rantauprapat.

Nur juga mengatakan bahwa, Program Studi Pendidikan Biologi memiliki dosen yang berjumlah 18 orang dengan Kualifikasi Pendidikan S2 dan S3.

Menurutnya, Dosen Program Studi Pendidikan Biologi banyak yang sudah menerima Hibah Penelitian dan Pengabdian yang didanai oleh Kemenristek DIKTI.

“Mulai dari Hibah Penelitian Dosen Pemula dan Penelitian Program Kemitraan Masyarakat (PKM), dosen yang menerima sertifikat Pendidik (Seritifikat Dosen) sudah mencapai 80% dari jumlah total dosen di prodi Pendidikan Biologi,” ujarnya.

Nur menjelaskan, Program Studi Pendidikan Biologi telah Terakreditasi oleh BAN-PT dengan Predikat B No. 2448/SK//BAN-PT/Akred/S/X/2016.

“Akreditasi sangat penting bagi program studi dan juga alumni karena pasar lapangan kerja dibutuhkan kualitas akreditasi minimal B dan termasuk kampus yang sehat karena telah terakreditasi B,” jelasnya.

Fasilitas yang dimiliki oleh Program Studi Pendidikan Biologi sangat lengkap, terdiri dari ruang kuliah yang nyaman, laboratorium dasar, laboratorium ekologi, laboratorium mikrobiologi, laboratorium mikroteaching dan laboratorium komputer.

“Proses perkuliahan dilaksanakan bukan hanya di dalam kelas tetapi, dilaksanakan juga praktikum lapangan. Misalnya, praktikum ekologi untuk mengetahui mikrozobentos, plankton, mengukur COD dan BOD yang sering dilakukan di Pantai Sialang Buah dan Poncan Sibolga,” sebutnya.

Ditambahkannya, sedangkan Praktikum Botani Tumbuhan rendah untuk mengamati tanaman tumbuhan rendah seperti, lumut dan paku-pakuan di Taman Hutan Raya Berastagi.

“Adapun Praktikum Zoologi Vertebarata untuk mengamati Hewan-hewan Tingkat Tinggi dan Prilaku dan Hewan Tingkat Tinggi yang sering dilakukan di Kebun Binatang Siantar dan Museum Rahmat,” tambah Nur.

Selain itu, lanjutnya, mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi aktif dalam kegiatan seminar Nasional dan internasional. Contohnya, seperti Itra Hariyadi yang telah mengikuti Seminar Internasional sebagai Pemateri, Program Kreatifitas Mahasiswa, On MIPA, menerbitkan buku yang berISBN seperti Dea Rolani dan Siti Rohimah.

“Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi juga, menyediakan Beasiswa Berprestasi dan Beasiswa Kurang Mampu yang didanai oleh DIKTI, Beasiswa Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu Raya,” ungkapnya.

Terakhir, Nur menyampaikan, Lulusan program studi pendidikan biologi tidak hanya bekerja menjadi guru di sekolah SD/SMP/SMA, tetapi banyak yang bekerja diInstansi pemerintahan, Wirausaha dan profesi lainnya.

“Jangan ragu untuk kuliah di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP ULB. Segera daftarkan diri Anda untuk pendaftaran gelombang ke III,” tandasnya. (Bud)

iklan usi



Back to top button