Berita

Prodi Bahasa Jerman Nommensen Perkenalkan Oktoberfest: Salah Satu Festival Terbesar Dunia

SIANTAR, FaseBerita.ID – Mahasiswa Prodi Bahasa Jerman Universitas Nommensen Pematangsiantar memperkenalkan Pesta Budaya Jerman Oktoberfest dengan menggelar berbagai perlombaan yang mendukung pengembangan diri dan pendidikan.

Pesta budaya Jerman yang dilaksanakan tiap bulan oktober yang bertajuk Oktoberfest aktif digelar oleh Prodi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Nommensen Siantar setiap tahunnya. Oktoberfest 2019 dengan tema ‘Die Kulturalistische Generation’ digelar di Aula Universitas Nommensen Pematangsiantar, Sabtu (16/11/2019).

Ketua Panitia Mega Selvia Purba mengatakan, sejarah Oktoberfest berawal dari perayaan pernikahan Putra mahkota Ludwig I dan istrinya Therese Saxe-Hildburghausen dengan menggelar acara pacuan kuda untuk seluruh keluarga kerajaan dan rakyat Bayern.

Oktoberfest merupakan festival bir tahunan terbesar di dunia yang digelar di Theresienwiese. Festival ini biasa berlangsung selama 16 hari, dari akhir September hingga awal Oktober, dan rata-rata dikunjungi sekitar enam juta orang dari segala penjuru dunia.

Karena perayaan yang digelar selama 16 hari tersebut begitu sukses, akhirnya Oktoberfest diadakan setiap tahun. Walau berasal dari Jerman, Oktoberfest kini turut dirayakan juga hingga ke seluruh penjuru dunia, sampai dengan Indonesia.

“Jika Oktoberfest di Jerman diisi dengan pesta bir, Prodi Bahasa Jerman Nommensen Pematangsiantar digelar dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat dalam bidang kebudayaan, edukasi, seni dan ilmu pengetahuan sosial. Belajar budaya asing bukan artinya kita melupakan budaya Indonesia. Dengan memahami budaya asing, akan terjadi akulturasi yang dapat memperkaya budaya dan wawasan masyarakat Indonesia,” kata Selvia.

Ada cerdas cermat, susun kata, fashion character, pesan berantai, sulap, musikalisasi puisi, pop song, bavarian tanz, tarian daerah dan hiburan.

Dekan FKIP UHKBPNP Dr Jumaria Sirait MPd didampingi Ka Prodi Pendidikan FKIP UHKBPNP Tarida Simanjuntak MPd mengapresiasi pagelaran Oktoberfest Prodi Bahasa Jerman. “Kegiatan ini murni dikordinir mahasiswa.

Panggungnya sederhana tapi kegiatannya sangat spektakuler. Ini membuktikan bahwa Prodi Pendidikan Bahasa Jerman itu kreatif dan inovatif. Kiranya kegiatan tahunan ini dapat terus dilanjutkan sebagai ajang menambah wawasan dalam bidang kebudayaan, pendidikan, seni, dan ilmu pengetahuan lain, utamanya tentang Jerman,” jelas Dr Jumaria Sirait MPd.

Rektor UHKBPNP Prof Dr Sanggam Siahaan MHum juga mengapresiasi pagelaran Oktoberfest yang dilaksanakan mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jerman. “Kegiatan ini sangat kita apresiasi, disamping berjalan dengan baik juga telah membuka kerjasama dengan sekolah-sekolah di Siantar Simalungun. Mahasiswa bersama para pelajar belajar banyak tentang Bahasa Jerman dan budaya Jerman,” jelasnya.

Rektor berharap, acara ini dapat menambah wawasan publik tidak hanya tentang budaya Jerman, tetapi juga menambah ketertarikan mereka untuk mempelajari budaya asing lainnya.

Senada Dosen Prodi Bahasa Jerman Insenalia Hutagalung MPd didampingi Sahat Siahaan MA menambahkan, sesuai dengan tema ‘Die Kulturalistische Generation’ artinya generasi budaya maka melalui kegiatan ini mahasiswa dan para pelajar semakin tertarik untuk berlajar kebudayaan baik kebudayaan Indonesia dan kebudayaan di Jerman. Kegiatan ini sangat baik karena melibatkan sekitar 300 peserta termasuk siswa-siswi SMA/SMK se Siantar Simalungun.

“Saya sangat gembira pada hari ini karena para panitia dapat mencotohkan kepada kita semua bagaimana membuat sebuah kegiatan ini dapat dilihat dari desain yang bagus meski dengan berbagai keterbatasan. Tidak lupa kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak Rektor UHKBPNP Prof Dr Sanggam Siahaan MHum yang sudah mendukung dan membuka acara secara simbolis,” ujar Insenalia bersama beberapa dosen lainnya. (rah)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close