Berita

Presiden Jokowi Ucapkan Selamat Natal: Semoga Umat Damai dan Rukun

FaseBerita.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan selamat Hari Natal 2019 kepada umat Kristiani di Indonesia. Ucapan ia sampaikan melalui akun Instagram pribadinya, Rabu (25/12).

Jokowi berharap momen Natal yang biasanya diwarnai dengan kedamaian, kegembiraan, dan kerukunan bisa terus mengiringi kehidupan di Tanah Air.

“Kepada saudara-saudaraku umat Kristiani di seluruh Tanah Air dan di mana pun berada, semoga kedamaian, kegembiraan, dan kerukunan senantiasa menjadi pengiring langkah kita,” tulis Jokowi dalam akun Instagram @jokowi, dikutip Rabu (25/12).

Penyampaian ucapan dan harapan itu juga disertai dengan gambar karikatur yang menceritakan suatu keluarga sedang merayakan hari Natal. Karikatur berisi gambar ayah dan ibu, serta ketiga anak sedang memegang lilin.

Jokowi bukan satu-satunya pejabat yang menyampaikan ucapan dan harapan Natal lewat media sosial. Hal serupa juga dilakukan mantan Gubernur DKI Jakarta yang kini menjadi Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

“Buat yang merayakan Natal, Saya ucapkan selamat Natal. Tentu saja, Saya harapkan ada suka cita, ada kasih, damai sejahtera,” ujar Ahok lewat video yang diunggah di akun Instagram @basukibtp.

Selain Natal, Ahok juga menyampaikan ucapan selamat tahun baru 2020. Dia berharap tahun 2020 membawa banyak kedamaian di Indonesia.

“Selamat tahun baru, semoga tahun baru ini kita membawa banyak kedamaian di bumi ini dan terutama di Indonesia. Tuhan memberkati dan melindungi kita semua. Amin,” ujarnya.

SBY juga demikian. Ketua umum Partai Demokrat itu juga mengajak untuk menghormati umat yang merayakan Natal.

“Semoga Natal 2019 ini membawa kebahagiaan dan pengharapan kepada umat kristiani. Mari hormati saudara kita yang merayakan natal agar semuanya berlangsung secara aman dan damai. Semoga di negeri tercinta ini senantiasa bersemi kerukunan, kasih sayang dan persaudaraan di antara kita semua *SBY*,” twit SBY di akun Twitter resmi @SBYudhoyono, Selasa (24/12) dikutip jpnn.com, Rabu (25/12).

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto juga demikian. Dia mengucapkan selamat untuk berkumpul bersama keluarga.

“Selamat merayakan Natal bagi seluruh sahabat kristiani. Semoga selalu dipenuhi damai dan suka cita. Selamat berkumpul bersama keluarga,” twit Prabowo di akun Twitter resmi @prabowo, Rabu (25/12).

Menteri Koordinator, Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukkam) Mahfud MD di akun Twitter resmi, @mohmahfudmd, juga mengucapkan selamat Natal bagi yang merayakan.

“Untuk sahabat-sahabat yang merayakan Hari Natal 2019, dengan ini, saya mengucapkan “Selamat Hari Natal”, semoga Tuhan memberkati sesuai dengan Maha Kasihnya,” twit Mahfud dikutip jpnn.com, Rabu (25/12).

Hiduplah Sahabat Bagi Semua Orang

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menyampaikan Selamat Natal bagi umat Kristiani. Natal tahun ini mengusung tema ‘Hiduplah Sahabat Bagi Semua Orang’.

“Nilai-nilai yang terkandung dalam ajaran umat Kristiani merupakan pembimbing moral bagi umat pemeluknya untuk mewujudkan kehidupan yang damai dan sejahtera,” ujar Fachrul.

Fachrul juga berpesan agar umat Kristiani dapat mengambil hikmah Natal untuk membangun kebersamaan dan hidup secara harmonis. “Agama adalah kebaikan, bukan sebaliknya. Apabila ternyata ada konflik yang mengatasnakan agama, pastilah itu kekurangpahaman terhadap ajaran agama,” katanya.

“Tuhan menurunkan kitab-kitab suci melalui nabi dan rasul terpilih untuk menjadi pedoman dan panduan umatnya dalam mengamalkan nilai-nilai kebajikan dalam kehidupan bersama,” tambahnya.

Fachrul berpesan bahwa memberi kemudahan bagi pemeluk agama apapun untuk menjalankan ibadahnya dengan tenang sudah menjadi budaya sejak lama. “Selamat merayakan Natal bagi umat Kristiani‎ Indonesia, semoga damai suka cita dan kebahagiaan Natal menyertai dan membangkitkan semangat untuk hidup bersabat,” pungkasnya. (cnni/jpg/kps/jpnn/int)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button