Berita

Presiden Jokowi Pilih Jaket Ulos Sibolang Rasta

TAPUT, FaseBerita.ID – Presiden H Joko Widodo bersama istri Iriana mengunjungi objek wisata Salib Kasih dan belanja di Kecamatan Siatas Barita, Tapanuli Utara, Selasa (30/7/2019) sekira pukul 08.00 WIB, dalam rangka kunjungan kerja ke se-Kabupaten lingkar Danau Toba.

Didampingi Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan, Jokowi dan rombongan berjalan sembari memilih dan membeli sebuah jaket tenun ulos seharga Rp2,5 juta saat mengunjungi lokasi.

Menurut Ketua Dekranasda Tapanuli Utara, Satika Simamora yang didampingi salah seorang penenun kain ulos Deborah Hasugian mengatakan, jaket tenun yang dibeli Jokowi tersebut merupakan jenis ulos Sibolang Rasta hasil tenunan Deborah. “Harga jaketnya Rp2,5 juta. Sama juga yang dibeli oleh Pak Menteri harganya juga Rp2,5 juta,” akunya.

Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Wododo tiba di lokasi wisata Salib Kasih, Kecamatan Siatas Barita dalam kondisi kabut tebal dan udara dingin yang menyelimuti lokasi wisata ini.

Kedatangan Jokowi disambut ribuan warga yang datang di sekitar lokasi. Mereka meneriakkan nama Jokowi dan meminta bersalaman.

Saat menginjakkan kakinya di pelataran pintu masuk Salib Kasih, Jokowi diberi penjelasan soal lokasi wisata itu oleh Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan, terutama mengenai tokoh DR II Nommensen yang menyebarkan ajaran Kristiani di wilayah Toba tersebut.

Selanjutnya Jokowi melanjutkan perjalanannya dari wisata Salib Kasih bersama rombongan menuju Pasar Tradisional Siborong-borong-Tapanuli Utara.

Bangun Dermaga Muara Taput

Sebelumnya Presiden Joko Widodo juga mengunjungi dermaga di Kecamatan Muara, Senin (29/7/2019) sekira pukul 19.00 WIB.

Presiden Joko Widodo saat meninjau Dermaga Muara didampingi Menteri Budi Karya dan Bupati Taput Nikson Nababan. (Alfredo Sihombing)

Dalam kunjungan kerja tersebut, Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pariwisata Arif Yahya, Menteri Perhubungan Budi Karya bersama Bupati Kabupaten Tapanuli Utara Nikson Nababan serta Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan rombongan lain.

Di sana, Jokowi bersama para menteri langsung meninjau lokasi pembangunan dermaga Danau Toba Muara Taput yang diiringi tumpah ruahnya masyarakat yang setia menunggu di lokasi.

Amatan di lokasi, Jokowi menyapa warga sembari membagikan bingkisan baju kaos kepada warga sekitar dari mobilnya yang melaju perlahan di tengah kerumunan masyarakat di sepanjang jalan protokol Muara.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Perhubungan menyampaikan paparan terkait perkembangan pembangunan dermaga serta beberapa pengembangan lainnya dalam mendukung Kawasan Danau Toba sebagai destinasi pariwisata.

Dalam paparannya, Budi Karya menjelaskan bahwa Dermaga Muara ini sedang dalam pembangunan tahap II dan diharapkan akan selesai dalam 2 bulan kedepan.

Usai peninjaun Dermaga Muara, Presiden beserta rombongan bertolak menuju Hotel Esther di Silangit.

Kali ini di hadapan Presiden Jokowi, Bupati Taput berkesempatan melakukan paparan tentang rencana pembangunan Tapanuli Utara. Bupati berharap agar mendapat perhatian dari Dana Alokasi Khusus. Selain pembangunan infrastruktur, bupati juga berharap agar pemerintah pusat mendukung pendirian Universitas Negeri Tapanuli dan juga melanjutkan pembangunan jalan tol melewati Tapanuli Utara hingga Tapteng.

Kunjungan kerja Presiden Jokowi kali ini tiba di Bandara Internasional Silangit pada pukul 16.40 WIB dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan. Presiden RI yang didampingi Ibu Iriana disambut Gubsu Edy Rahmayadi dan para bupati se-Kawasan Danau Toba. (as)

Unefa

Pascasarjana

Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close