Berita

Prediksi Perolehan Kursi DPRD Sumut Dapil X: PDIP 2 Kursi, 6 Partai Berjatah 1

FaseBerita.ID – Komposisi kursi DPRD Sumatera Utara daerah pemilihan X Pematangsiantar-Simalungun sudah mendapat gambaran yang terprediksi.

Edy Mulyadi dari Tim Pemantau Data Pemilu Independen, Minggu (5/5) mengatakan, menjelaskan data yang diperoleh pihaknya, yang sudah melalui dilakukan pleno penghitungan perolehan suara di tingkat kecamatan oleh Panita Pemilihan Kecamatan, tidak banyak berubah saat dilakukan pleno di tingkat kabupaten dan kota.

Sehingga perolehan kursi dari jumlah suara yang diperoleh dapat diprediksi.

“Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan meraih suara terbanyak, berhasil mendudukan dua calegnya. Selanjutnya ada enam partai lainnya yang memeroleh kursi masing-masing satu kursi,” kata Edy Mulyadi.

Dijelaskan Edy, Partai Nasdem memeroleh suara tertinggi urut dua, namun tetap diprediksi memeroleh satu kursi karena pembagi tiganya tidak lebih besar dari Partai Hanura yang diprediksi akan menduduki kursi terakhir. Selanjutnya jatah satu kursi diraih Partai Golkar, Demokrat, Gerindra dan PKS.

Menurut penuturan Edy, PDIP mendapat perolehan suara tertinggi dengan menempatkan calegnya pada di posisi pertama dan ketujuh.

Nasdem yang semula diisukan akan memperoleh dua kursi untuk posisi ke 2 dan terakhir, dipastikan gagal karena Hanura berhasil menempatkan calegnya pada urutan perolehan suara tertinggi melampaui caleg lainnya untuk kursi ke delapan.

Menurut Edy, data yang mereka peroleh tersebut kemungkinan berubah hanya sedikit dan tidak akan mengubah hasil akhir. Tim Pemantau Data Independen secara konsisten mengikuti proses perhitungan di tingkat PPK Kecamatan.

“Kita secara konsisten memantau seluruh perhitungan di PPK Kecamatan di Dapil Sumut X Pematangsiantar-Simalungun. Maka data perolehan sedikit kemungkinan dapat berubah,” katanya. (esa)

iklan usi



Back to top button