Berita

PPMA Bantu Fasilitasi Pengobatan Warga Kurang Mampu

ASAHAN, FaseBerita.ID – Isak Tangis keluarga M Haris (55) saat disambangi Bupati Asahan dan Kapolres Asahan berserta Perkumpulan Persaudaraan Masyarakat Asahan (PPMA) di kediamaanya, Jalan Sisingamangaraja, Gang Kuini, Kelurahan Kisaran Timur, Kecamatan Kisaran Timur, Kabupaten Asahan, Sabtu (21/12).

Ketika ditemui dirumahnya, Haris yang menderita sakit lumpuh hanya bisa terbaring lemas didampingi oleh keluarganya. Menurut keterangan pihak keluarga, Haris sudah mengalami lumpuh selama 2 tahun. Sebelumnya Haris sakit asam urat hingga mengalami kelumpuhan.

Kemudian, M Haris mendapatkan bingkisan dan penali kasih dari Bupati Asahan dan Kapolres Asahan serta PPMA.

Pengidap penyakit Ulkus Deabeticul dengan keterbatasan ekonomi itu juga dirujuk ke RSUD H Abdul Manan Simatupang (HAMS) Kisaran dengan biaya ditanggung oleh Pemkab Asahan.

Melihat kondisi yang sudah sangat parah, Bupati Asahan H Surya Bsc langsung memerintahkan agar Haris dibawa ke rumah sakit umum kota Kisaran untuk dilakukan pengobatan dan perawatan.

Bupati Asahan H Surya BSc saat diwawancarai mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan wujud dari program Pemerintah agar masyarakat sehat.

“Kita bawa ke rumah sakit H Abdul Manan Simatupang untuk pertolongan pertama dan nantinya kita akan dengar hasil pemeriksaan dari dokter. Inilah wujud kepedulian pemerintah daerah terhadap warga, sesuai dengan salah satu program Bapak Presiden yaitu pemerintah harus hadir di tengah tengah masyarakat,” ungkap Surya.

Bupati Asahan H Surya Bsc juga mengimbau agar masyarakat selalu menjaga kebersihan lingkungan. “Apabila ada anggota keluarga yang sakit, segera bawa ke puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk dilakukan pemeriksaan dan pengobatan,” pesan bupati.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolres Asahan AKBP Faisal F Napitupulu beserta Ketua Bhayangkari cabang Asahan, Ny Dodot Faisal Napitupulu yang turut hadir di lokasi mengatakan pihak Kepolisian selalu mendukung program-program pemerintah untuk selalu hadir di tengah-tengah masyarakat. Kapolres juga menghimbau agar masyarakat yang sakit dan punya kartu BPJS, agar segera berobat ke puskesmas atau rumah sakit terdekat.

“Dalam beberapa kali kunjungan, kita temukan bahwa warga yang sakit memiliki kartu BPJS namun enggan untuk berobat. Kemudian terkadang dari pihak keluarga ada resistensi untuk membawa anggota keluarga yang sakit ke rumah sakit. Jadi kehadiran saya bersama bupati dan tokoh-tokoh masyarakat untuk memberikan contoh untuk membawa warga yang sakit ke rumah sakit, karena hampir semua warga Kabupaten Asahan sudah memiliki kartu BPJS,” kata Faisal didampingi Kabag Ops Polres Asahan Kompol RD Firman D.

Pada kesempatan itu juga Perkumpulan Persaudaraan Masyarakat Asahan (PPMA) turut bersumbangsih kepada Aris dengan memberikan sejumlah bantuan kepadanya.

Ketua PPMA Aris Fadillah Lubis mengaku sangat turut prihatin dengan keadaan Haris. Harapannya hal tersebut tidak terjadi lagi kepada masyarakat lainnya terkhusus masyarakat Asahan. “Kita sangat prihatin dengan keadaan Bapak Haris, semoga saja beliau cepat sembuh,” ucapnya.

Aris juga menerangkan bahwa giat tersebut adalah bentuk dari kepedulian Pemkab Asahan, Polres Asahan dan PPMA. Ia menjelaskan bahwa ini juga merupakan visi misi PPMA.

“Kita harus peduli dengan sesama, terutama kejadian seperti ini. Ini juga merupakan bentuk dari visi misi PPMA yaitu memiliki lembaga yang mampu berperan dalam meningkatkan kualitas sosial, kesehatan, pendidikan dan kesadaran hukum masyarakat Asahan,” tutupnya.

Pihak petugas medis langsung membawa Haris ke RSU H Abdul Manan Simatupang untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan. Pemerintah Kabupaten Asahan juga akan terus memonitor setiap perkembangan perawatan yang dilakukan oleh tim medis terhadap Haris. (bay/rah)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button