Berita

PPK USI dan HIPO Gelar Pelatihan Strategi Digital Marketing

Fungsi Strategi Smartphone Dalam Berbisnis

SIANTAR, FaseBerita.ID – Pusat Pengembangan Karir Universitas Simalungun (PPK-USI) menggandeng Himpunan Pengusaha Online Internasional (HIPO) dan didukung oleh Sekolah Tinggi Akuntansi dan Manajemen Indonesia (STAMI)/Politeknik Bisnis Indonesia (PBI) Murni Sadar menggelar Pelatihan Strategi Digital ‘Cara Cerdas Strategi Menggunakan Smartphone Dalam Berbisnis”. Kegiatan bertempat di Aula Pascasarjana USI Pematangsiantar, Kamis(12/3/2020).

Ir Mustafa Ginting MSi selaku Kepala PPK-USI dalam kata pengantarnya mengatakan, perkembangan teknologi dan informasi membawa banyak sekali perubahan di dalam kehidupan manusia. Termasuk ketersediaan lapangan kerja. Saat ini, pilihan karier di bidang teknologi sudah semakin banyak, dan digital marketing menjadi salah satu yang paling diminati kaum milenial.

“Prospek karier sebagai digital marketer terbilang cerah, mengingat perusahaan yang membutuhkan layanan tersebut juga semakin banyak dan masih terus bertambah. Untuk  itu maka PPK USI menggandeng HIPO menggelar Pelatihan Strategi Digital Marketing yang bertujuan untuk membekali para mahasiswa agar dapat memahami dan mengoperasikan digital marketing, sehingga setelah lulus nanti mereka dari bangku kuliah dapat menjadikan digital marketing sebagai alternatif dalam menentukan dan mengembangkan kariernya,” kata Mustafa Ginting.

Dijelaskan Mustafa, melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa sudah dapat berbisnis melalui smartphone-nya sehingga handphone bukan lagi semata mata digunakan sebagai alat bermedsos tapi juga alat berbisnis.

Sementara Wiwin Lubis yang mewakili HIPO menjelaskan, melalui kegiatan ini kiranya para mahasiswa sudah dapat membantu orangtuanya menghasilkan uang. Bahkan jika serius, tidak perlu lagi meminta uang kuliah lagi dari orangtua.

Sedangkan  Novendra Sinaga yang mewakili STAMI/PBI Murni Sadar dalam kata sambutannya mengatakan, saat ini sudah terjadi perubahan paradigm, dimana dulu penampilan sebagai ukuran dalam menentukan seseorang untuk disegani, namun sekarang adalah kinerjanya.

“Peningkatan kinerja saat ini berhubungan erat dengan penguasaan ilmu digital marketing. Bila ilmu digital tidak dikuasaai pada era ini, maka kita tidak ada apa-apanya. Oleh karena itu kepada para mahasiswa, saya harapkan benar-benar memanfaatkan kesempatan dan peluang ini untuk menimba ilmu yang sekali sekaligus modal berbisnis dengan sebaik-baiknya,”katanya.

Rektor II USI Ir Warlinson Girsang MP dalam arahannya mengatakan, saat ini era 4.0. Setuju atau tidak setuju, mau atau tidak mau kita harus masuk ke era itu.

“Bila kita tidak ikut dalam era itu maka kita ditindas oleh era itu sendiri. Oleh karena itu kami dari Rektorat sangat menyambut baik dan mengapresiasi adanya acara ini. Acara ini sangat berguna bagi para mahasiswa dalam mempersiapkan kariernya nanti setelah lulus dari bangku kuliah,” kata Warlinson Girsang.

Warlinson berharap, para mahasiswa serius mengikuti acara, mengambil manfaat sebanyak-banyaknya. Memulai saat ini sebagai pelaku digital marketing, jika memungkinkan menjadi sumber pendapatan serta uang kuliah.

Setelah selesai kata-kata sambutan dilanjutkan dengan acara inti yakni Pelatihan Strategi Digital Marketing yang dibawakan oleh Ariston Simbolon dari DPP HIPO dan dipandu oleh moderator Mustafa Ginting, Kepala PPK USI.

Seluruh rangkaian acara berjalan dengan baik dan sukses yang dihadiri 150 orang dimana mahasiswa USI sebanyak 100 orang dan mahasiswa STAMI/PBI Murni Sadar 50 orang. Jumlah peserta ini memang dibatasi sesuai dengan kapasitas daya tampung ruangan tempat pertemuan.(rel/fi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button