HUT RI
Berita

Potensi Spot Paralayang di Sipirok

FaseBerita.ID – Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan memiliki potensi baru dibidang olahraga paralayang. Potensi ini, dipastikan, setelah diujicoba paralayang di Tor Saragodung, Dusun Garoga, Desa Saragodung, Kecamatan Sipirok, dan Tor Simago-mago, Desa Sialagundi, Kecamatan Sipirok, Kamis (2/7) lalu.

Paraglider singel asal Payakumbuh, Sumatera Barat, Sukmandi Bruce pada pada wartawan menyebut, kondisi angin yang cukup baik dan mendukung untuk kegiatan paralayang di Sipirok. Dan tentunya berpotensi menjadi destinasi olahraga paralayang ke depan.

Atlet paralayang Sumbar untuk PON Papua 2021 ini menyebut, Sipirok khususnya Sarogodung memiliki sumber angin ‘dynamic lift’ dan ‘thermal lift’, sehingga mampu mengangkat parasut lebih tinggi lagi ke angkasa hingga mencapai 1.800 di atas permukaan laut.

Paraglider Raja Doli Siregar, asal Padang Sidempuan mengatakan, lokasi yang ada di Sipirok sangat cocok dikembangkan sebagai pusat olahraga paralayang. “Memang masih perlu pembersihan lokasi take off agar tidak terganggu. Demikian juga dengan kondisi jalan menuju puncak,” sebutnya.

Hal serupa juga diutarakan Fikri Siregar asal Medan.

Ujicoba olahraga paralayang ini mengundang perhatian ratusan pasang mata masyarakat sekitar. Selain itu, juga dihadiri Skda Tapanuli Selatan Parulian Nasution, Kepala Bappeda Abadi Siregar, Sekretaris Dinas Pariwisata, Camat Sipirok Sardin Hasibuan, Kabag Humas dan Protokol Isnut Siregar.

Sekda Tapsel Parulian Nasution mengucapkan terimakasih kepada ketiga paraglider yang telah melakukan ujicoba paralayang di Sipirok.

“Ternyata terbangnya menunjukkan suasana yang sangat indah. Karenanya pantaslah Pemkab Tapanuli Selatan untuk terinspirasi, teraspirasi, termotivasi untuk melaksanakan event-event seperti ini. apalagi paralayang prestasi olahraga yang sangat menantang dan bergengsi,” sebutnya.

Disampaikan, melalui uji coba itu, diyakini menjadi cikal bakal berkembangnya olahraga paralayang di Tapsel. Dan tentunya akan berdampak ke destinasi wisata, dan pada gilirannya dapat menumbuhkembangkan perekonomian masyarakat khususunya masyarakat sekitar. Disamping merangsang anak-anak muda Tapanuli Selatan menjadi atlet paralayang.

Salah satu Tokoh masyarakat Dusun Garoga, Desa Sarogodung H Alitoibin Siregar mengatakan, dengan ujicoba yang lancar dan sukses, berharap kedepan Desa Sarogodung kedepan dapat menjadi pusat olehraga bergensi Paralayang tingkat nasional.

“Masyarakat siap mendukung penuh,” tegasnya.

Sementara, Sekretaris Dinas Pariwisata Tapsel Porang Pane menyebut, uji coba paralayang di Sipirok, akan membuka peluang bagi pertumbuhan kepariwisataan di Tapsel kedepan.

“Saya langsung ikut ke puncak. Pemandangannya sangat luar biasa. Juga terdapat tanaman yang langka seperti lumut dan juga angrek di atas Saragodung,” pungkasnya. (ran)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button