Berita

Polsek Sibabangun Gelar Penyuluhan P4GN kepada Pelajar

TAPTENG, FaseBerita.ID – Menyadari bahaya narkoba sudah mulai meneror lingkungan sekolah, Kepolisian Sektor (Polsek) Sibabangun, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), menggelar penyuluhan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Kegiatan yang dilaksanakan di gedung SMKN 1 Lumut, Kecamatan Lumut, Kamis (12/9/2019) lalu, juga menyajikan materi tertib berlalu lintas, kenakalan remaja, serta dampak negatif sosial media. Puluhan pelajar SMKN 1 Lumut antusias mendengarkan penyuluhan yang disampaikan Kapolsek Sibabangun Iptu Horas Gurning.

Dalam penyuluhannya, Iptu H Gurning memaparkan efek penyalahgunaan narkoba yang dapat merusak masa depan anak bangsa, dimana sifat narkoba cenderung membiuskan. Horas Gurning juga memaparkan jenis dan ciri-ciri narkotika seperti ganja, kokain, heroin, sabu-sabu dan ekstasi. Sedangkan psikotropika yaitu lexotan, alprazolam, pil koplo, dan zat aditif lainnya seperti alkohol, rokok, aibon dan kopi.

“Beberapa sifat dan ciri pengguna narkoba bisa dilihat dari segi fisik, berat badan turun drastis, buang air besar dan kecil kurang lancar, mata terlihat cekung dan merah, muka pucat, dan bibir kehitam-hitaman, sembelit atau sakit perut tanpa alasan yang jelas, tangan penuh dengan bintik-bintik merah, seperti bekas gigitan nyamuk dan ada tanda bekas luka sayatan dan goresan, dan perubahan warna kulit di tempat bekas suntikan,” papar Horas Gurning.

Selain itu, sambung Horas, emosi pecandu terlihat jika ditegur atau dimarahi, akan menunjukkan sikap membangkang, emosi naik turun dan tidak segan-segan untuk memukul orang, berbicara kasar, sensitif dan cepat bosan serta nafsu makan tidak menentu.

“Pengunaan narkoba hanya akan mengakibatkan kesengsaraan. Perubahan perilaku, bicara cedal, jalan sempoyongan, malas dan sering melupakan tanggung jawab dan tugas-tugas rutinnya, jantung berdebar-debar, nyeri kepala, nyeri sendi-sendi, mengeluarkan air mata berlebihan, mengeluarkan keringat berlebihan,” bebernya.

Pria yang baru 2 bulan menjabat sebagai Kapolsek Sibabangun ini juga menjelaskan efek dari kecanduan narkoba yang bisa mengakibatkan seseorang menjadi berhalusinasi, dengan melihat suatu benda yang sebenarnya tidak ada. Karena menimbulkan efek yang tidak baik, makanya narkoba dilarang. Sebagai generasi muda, Horas Gurning berharap pelajar dapat ikut berperan aktif memberantas penyalahgunaan narkoba.

Kegiatan penyuluhan yang mendapat perhatian serius dari para pelajar, dihadiri Kepala Sekolah SMK N 1 Lumut H Sumarno, Ketua Komite Sekolah Yusnan Bahri Nasution dan PKS Bidang Kesiswaan Bambang. (ztm)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button