Berita

Polres Pematangsiantar ‘Lebur’ 57 Kg Ganja

SIANTAR, FaseBerita.ID – Sebanyak 57,7 kilogram ganja yang diamankan dari dua tersangka kasus narkotika dimusnahkan, Senin (3/2) oleh Kepolisian Resort Polres Pematangsiantar.

Pemusnahan dilakukan di hadapan Forkopimda Siantar di Lapangan Apel Mako Polres Pematangsiantar, Jalan Sudirman, Kelurahan Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat, Senin (3/2) sekira pukul 10.00 Wib siang.

Barbut tersebut dimusnahkan dengan cara dibakar. Dalam pemusnahan itu juga ikut disaksikan kedua tersangka masing-masing bernama Muhammad Ridwan Tarigan (27) warga Jalan Nagur, Gg Manunggal, Kelurahan Martoba, Kecamatan Siantar Utara, dan Hendri Pratama Putra alias Barat (30) warga Jalan Bangun Abadi, Nagori Karang Bangun, Kecamatan Siantar, Simalungun.

“Kedua tersangka ikut kita hadirkan saat pemusnahan,” kata Kasat Narkoba Polres Siantar AKP David Sinaga.
Dia menjelaskan, barang bukti ganja seberat 57,7 kilogram ini, dimusnakan dengan cara dibakar, setelah mendapat ketetapan dari Kejaksaan Siantar dengan Nomor 129/N.2.12/Euh.1/01/2020.

Sebagian barang bukti disisihkan buat kepentingan persidangan kedua tersangka.

Untuk diketahui, kedua tersangka diamankan dari kediamannya masing-masing pada Selasa (7/1) lalu.

Salahsatu tersangka Hendri Pratama Putra alias Barat, kakinya terpaksa ditembak petugas, lantaran berusaha melawan saat dilakukan penangkapan.

Wakapolres Kompol Bonggas Simarmata mengatakan penyalahgunaan Narkotika sudah menjadi masalah bagi pemerintah, sehingga perlu komitmen bersama dalam melakukan pemberantasan.

Masalah penyalahgunaan narkotika telah sampai ke pelosok desa, dan tidak memandang usia.

“Untuk itu Polri perlu informasi untuk membatasi ruang gerak para bandar narkoba. Barang bukti ganja beratnya 57,7 kilogram ini, hasil pengungkapan kasus awal tahun 2020. Ada 19 kasus dan 22 orang tersangkanya,” tandasnya.

Ia menegaskan, pemusnaan barang bukti untuk mengurangi peredaran, dan paling tidak keluarga dan anak cucu selamat dari bahaya narkotika. (mag-03)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker