Berita

Polres Humbahas  Amankan Truk Berisi Kayu Ilegal Dari Parlilitan

HUMBAHAS, FaseBerita.ID – Aparat Kepolisian Resor (Polres) Humbang Hasundutan (Humbahas) mengamankan satu unit truk berisi kayu olahan ilegal dari Desa Simataniari, Kecamatan Parlilitan, Selasa (12/5).

Truk Colt Diesel  dengan nompr polisi BB 8189 MB yang dikemudikan  Marnata Munte (33) bersama rekannya Nurdani Togatorop (26) terpaksa digelandang ke Mapolres karena tidak dapat menunjukkan dokumen resmi atas muatannya, 199 batang kayu olahan jenis meranti.

Keduanya diamankan di jalan Dolok Sanggul- Parlilitan, tepatnya di Desa Sampean, Kecamatan Dolok Sanggul sekira pukul 05.00 Wib.

Belum diketahui siapa pemilik kayu olahan tadi.  Namun issu yang beredar menyebutkan bahwa pemilik kayu tersebut merupakan oknum aparat. PS Paur Subbag Humas Polres Humbahas, Bripka SB Lolo Bako mengatakan, belum mengetahui siapa pemilik kayu olahan ilegal tadi.

Saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan.

“Masih proses penyelidikan pak,” tulis SB Lolo Bako melalui wa, Rabu (13/5).

Kepada wartawan, SB Lolo Bako menjelaskan, penangkapan bermula dari laporan warga yang menyebutkan adanya sebuah truk mengangkut kayu melintas di Desa Simataniari.

“Petugas, yakni Aiptu AJ Lubis dan Brigadir Juandi P Sinaga langsung bergerak menuju lokasi yang disampaikan.

Kemudian petugsas bertemu dengan truk yang cirinya sama dengan laporan warga. dalam pemeriksaan, supir tidak mengantongi izin ataupun dokumen resmi terkait kayu olahan yang dibawa.

“Mereka tidak dapat menunjukkan dokumen, sehingga atas kejadian tersebut petugas langsung membawa ke Polres Humbang Hasundutan guna untuk proses Lanjutnya,” terang SB Lolo Bako.

Pihak kepolisian kini tengah melaksanakan gelar perkara guna untuk penentuan status perkara serta melakukan pemeriksaan ahli kehutanan guna untuk menentukan status lahan.

Sementara pasal yang dikenakan adalah dugaan tindak pidana mengangkut, menguasai hasil hutan tanpa dilengkapi izin sebagaimana dimaksud dalam Pasal 50 ayat 3 huruf h dari Undang-undang RI Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan Yo Pasal 12 huruf d dan e Pasal 82 ayat 1 huruf b Undang-undang RI Nomor 18 Tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan pengerusakan Hutan,” jelasnya. (sht/fi)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker