Berita

Polisi Tapteng Ringkus 5 Orang Jaringan Penjual Sabu

TAPTENG, FaseBerita.ID – Polres Tapteng terus memberantas peredaran narkoba di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng). Kali ini, satuan yang dipimpin AKBP Sukamat ini berhasil mengamankan lima orang tersangka pelaku penyalahgunaan narkotika jenis sabu-sabu. Beberapa diantaranya diduga sebagai pengedar.

Kapolres Tapteng AKBP Sukamat, yang dikonfirmasi melalui Kasubag Humas Polres Tapteng Iptu Rensa Sipahutar, membenarkan penangkapan kelima pelaku penyalahguna narkotika tersebut. Disebutkan, lima orang yang diamankan merupakan hasil dari Operasi Antik Toba.

“Ia benar, diamankan pada Sabtu (28/9/2019). Kelima tersangka sedang menjalani pemeriksaan oleh Satres Narkoba Polres Tapteng,” ujar Rensa, melalui pesan tertulis, Senin (30/9/2019).

Dikatakannya, kelima tersangka diamankan dari tiga lokasi yang berbeda. Tiga orang diamankan di sebuah pondok di pinggir pantai Kelurahan Kalangan, Kecamatan Pandan yakni, HJL alias H (34) warga Jalan Sepadan, Kelurahan Pasir Bidang, Kecamatan Sarudik, RS alias R (29) warga Jalan Jenderal Gatot Subroto, Kelurahan Pondok Batu, Kecamatan Sarudik, dan HR alias A (34) warga Gang Wajib Senyum, Kelurahan Hajoran Kecamatan Pandan.

Tersangka lainnya HS alias A (34), warga Jalan Sepadan Kelurahan Pasir Bidang, diamankan di Jalan Jalak Kelurahan Pasir Bidang, Kecamatan Sarudik. Sementara HL alias H (32) yang juga merupakan warga Jalan Sepadan Kelurahan Pasir Bidang, Kecamatan Sarudik, diamankan di Jalan Rajawali, Kelurahan Pasir Bidang.

Rensa menuturkan, penangkapan kelima tersangka berawal dari adanya informasi transaksi narkotika jenis sabu-sabu di Kelurahan Kalangan, tepatnya di sebuah pondok yang terletak di pinggir pantai di belakang pertukangan UD Tolong Kita. Dari informasi tersebut, personil kepolisian melakukan penyelidikan sekaligus under cover buy kepada laki-laki yang diduga menjual sabu-sabu.

Setelah berhasil melakukan transaksi sambung Rensa, personil Satres Narkoba Polres Tapteng langsung melakukan penangkapan terhadap tiga orang tersangka yakni HJL, RS dan HR. Satu bungkus kecil narkotika jenis sabu-sabu di bungkus plastik bening sempat di buang oleh RS. Dari hasil interogasi, HJL mengaku barang haram tersebut diperoleh dari seorang laki-laki berinisial HS.

Tidak mau buronannya lepas, Satres Narkoba Polres Tapteng bergerak cepat dengan menyatroni kediaman HS di daerah Pasir Bidang, Kecamatan Sarudik. HS berhasil ditangkap di Jalan Jalak Kelurahan Pasir Bidang.

Dihadapan polisi, pria yang berprofesi sebagai nelayan ini mengaku memiliki narkotika jenis sabu-sabu yang di simpan di tiang sebuah warung di lingkungan 7 Kelurahan Pasir Bidang.

“Petugas berhasil mengamankan 1 paket besar dan 20 paket kecil narkotika jenis sabu-sabu. Seluruh barang bukti dimasukkan ke dalam kotak rokok Sampoerna dan Gudang Garam Surya, yang kemudian dimasukkan ke dalam sebuah goni serta di gantungkan di tiang warung,” papar Rensa.

Usai mengamankan barang bukti, petugas kembali bergerak menangkap tersangka pelaku lainnya yakni HL, yang mana menurut pengakuan HS, narkotika jenis sabu-sabu tersebut diperolehnya dari HL. Personil Satres Narkoba berhasil menangkap HL di jalan Rajawali Kelurahan Pasir Bidang Kecamatan Sarudik, Tapteng.

“Dari tangan tersangka HL petugas menyita barang bukti berupa 1 buah handpone Nokia warna hitam,” timpal Rensa.

Untuk penyelidikan lebih lanjut, kelima tersangka bersama barang bukti digelandang ke Mapolres Tapanuli Tengah. Para tersangka terancam  pasal 114 ayat (1), subs pasal 112 ayat (1), pasal 114 ayat (2), subs pasal 112 ayat (2),  UU No 35 tahun 2009 tentang narkotika. (ztm/osi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button