Berita

Polisi Ringkus Komplotan Pencurian di Mobil Box

SIANTAR, FaseBerita.ID – Tiga pelaku pencurian uang puluhan juta dari dalam mobil Box di Jalan Jawa berhasil ditangkap Sat Reskim Polres Siantar pada Selasa (17/9/2019) malam.

Ketiganya adalah Jonatan Nainggolan (17) warga Jalan Ragi hidup, Kelurahan Bane, Siantar Utara, Levi Anju Simangunsong (20) warga Jalan Musyawarah kiri, Kelurahan Sukadame, Siantar utara dan Bio Syaputra Gultom (20) Warga Sekka Nauli Kelurahan Bane, Siantar Utara.

Informasi dihimpun, kejadian itu pertama kali diketahui oleh Irfan (26) kernet Mobil Barang PT Sukanda Djaya (Ice Cream Diamond) pada Rabu 24 April 2019 sekira pukul 17.45 WIB tepatnya di Jawa, Kelurahan Banten, Siantar Barat.

Sebelum kejadian, mobil box Mobil box truk B 9503 FCE tiba di samping Aplus Cafe dengan cara bagian belakang mobil mundur kearah cafe dan kepala mobil di hadapkan ke Jalan.

Kemudian korban dan saksi turun dari mobil hendak menurunkan barang berupa ice cream dari belakang truk yang mereka kemudikan. Namun saat itu korban menutup pintu mobil tapi tidak menguncinya. Setelah semua siap dikerjakan korban pun izin untuk permisi kepada pihak Cafe Aplus.

Pada saat korban hendak menjalankan mobilnyanya, korban mengetahui bahwasanya pintu mobil telah terbuka.

Saat dilakukan pengecekan, satu buah tas warna Coklat sudah tak ditempatnya lagi. Adapun isi tas tersebut adalah berupa faktur penjualan ice cream PT Sukanda Djaya (Ice Cream Diamond), STNK Sepeda motor BK 6104 RAW, KTP Pelapor, ATM BCA , Kartu KIS, Kartu BPJS. Sehingga atas Kejadian tersebut PT Sukanda Djaya (Ice Cream Diamond) mengalami kerugian sebesar Rp33 juta.

Setelah kejadian itu dilaporkan ke pimpinannya, pihak korban kemudian membuat pengaduan ke Polres Pematangsiantar pada tanggal 25 April 2019.

Kasat Reskrim Polres Pematang Siantar Iptu Nur Istiono mengatakan bahwa ketiga pelaku diamankan atas laporan korban. Seterusnya pihaknya melakukan penyelidikan dan berdasarkan lidik di lapangan ketiga pelaku berhasil diamankan.

“Awal penangkapan tepatnya pada hari Selasa, sekira pukul 18.00 WIB. Tim opsnal pertama kali mengamankan tersangka yang bernama Jonatan Nainggolan als Aseng tepatnya di Jalan Rakuta sembiring simpang, Jalan tangki,  Kelurahan Naga Pita, Siantar martoba,” ujarnya.

Setelah dilakukan interogasi, pelaku mengaku dalam aksinya turut serta Levi Anju Simangunsong dan polisi kemudian menangkap Levi Anju Simangunsong di Jalan musyawarah kiri tepatnya di warung tuak marga Napitupuluh sekira pukul 19.00 WIB.

Dari pengakuan pelaku Levi Anju Simangunsong bahwa hasil pencurian yang mereka lakukan bersama. Untuk Jonatan Nainggolan Als Aseng mendapat Rp10 juta, Levi Anju Simangunsong Rp10 juta dan Bio Syaputra Gultom mendapat Rp8 juta.

Pada malam itu juga, polisi kemudian memburu Bio Syaputra Gultom dan berhasil ditangkap di Jalan Silimakuta.

“Ketiga pelaku beserta barang bukti telah dibawa ke Polres Siantar untuk penyelidikan selanjutnya,” kata Iptu Nur Istiono SIK. (mag03)

iklan usi



Back to top button