Berita

Poldasu Dukung Promosi Pariwisata Danau Toba

PARAPAT, FaseBerita.ID – Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto mengajak para Kepala Daerah yang berada di sekitar Danau Toba agar terus mengembangkan destinasi wisata Danau Toba untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar Danau Toba.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh orang nomor satu di Kepolisian Daerah Sumatera itu, saat menyampaikan sambutannya dalam pembukaan acara Polda Sumatera Toba Lake Fiesta (PTLF) 2019, Sabtu (12/10/2019) sekira pukul 10.00 WIB, di Pantai Bebas, Kelurahan Perapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon.

“Danau Toba merupakan salah satu ikon unggulan wisata yang ada di Sumatera Utara, dan juga salah satu destinasi unggulan di Indonesia. Oleh karena itu, kita harus menyambut dengan menyelenggarakan even-even yang selaras dengan program dengan program pemerintah pusat,” terangnya.

Program Poldasu Toba Lake Fiesta 2019 yang digelar pihaknya merupakan bentuk dukungan pihak Poldasu yang mendorong pemerintah daerah di seputaran Danau Toba untuk menyambut program pemerintah daerah dalam mengembangkan pariwisata Danau Toba.

“Kegiatan ini pada hakekatnya adalah kelanjutan dari kegiatan yang diselenggarakan pada 2018 yang lalu. Pasca tragedi KM Sinar Bangun yang berdampak terhadap penurunan wisatawan, hingga sangat berpengaruh kepada warga seputaran Danau Toba,” katanya.

Kapolda menambahkan, untuk kegiatan tahun ini, even PTLF 2019 sangat luar biasa. Ini juga sekaligus menyambut penetapan Danau Toba sebagai super prioritas dalam pengembangan dan pembangunan pariwisata oleh pemerintah pusat. Selain itu juga, kegiatan PTLF berpengaruh kepada banyak sektor. Sebagai contoh kata Agus, ada pergerakan ekonomi warga khususnya pedagang hingga pengusaha perhotelan.

“Tugas dari pada kita sekalian, khususnya pemerintah daerah, adalah membantu perpajangan pemerintah dalam upaya mensejahterakan masyarakat,” ujar mantan Kapolsek Parapat ini.

Peserta lomba Solu Bolon.

Sementara itu Bupati Simalungun, JR Saragih saat menyampaikan sambutannya mengakui kegiatan PTLF 2019 ini meningkat pariwisata Danau Toba, khususnya Parapat Kabupaten Simalungun.

“Kami apresiasi dan kami sambut Kapolda Sumut yang sudah menyelenggarakan acara ini. Dengan acara ini, tentu ada peningkatan perekonomian warga khususnya pedagang,” ungkapnya.

Ditambahkannya, dalam mengembangkan pariwisata Danau Toba, Pemerintah Kabupaten Simalungun kembali dalam waktu dekat akan menyelenggarakan even pariwisata dan budaya di Pantai Bebas Parapat.

AKBP Heribertus: Terimakasih Kapolda Sumut

Ketua Panitia Poldasu Toba Lake Fiesta (PTLF) 2019, AKBP Heribertus Ompusunggu menyampaikan, persiapan acara PTLF 2019 hanya 18 hari. Meski demikian, Kapolres Simalungun ini mengucapkan terimakasih kepada Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Adrianto yang telah memberikan dukungan.

“Acara ini terselenggara karena didukung oleh komandan yang hebat. Terimakasih jendral karena sudah menjadi komandan kami, hingga kami juga menjadi luar biasa,” kata AKBP Heribertus, mengawali sambutanya sebelum pembukaan PTLF 2019 di Pantai Bebas Parapat.

Masih kata AKBP Heribertus, tujuan utama diselenggarakannya PTLF 2019 untuk mengeksplor kearifan lokal yang ada, sejalan dengan meningkatkan pariwisata Danau Toba Parapat, Kabupaten Simalungun.

Heribertus melaporkan, rangkaian acara PTLF 2019 ini diantaranya perlombaan Kapal Hias Nusantara dengan jumlah peserta 22 Kapal. Kemudian Solu Bolon, Renang Danau Toba dengan jumlah peserta 110 orang, kemudian perlombaan masakan tradisional dengan 21 grup dari beberapa Kabupaten di kawasan Danau Toba. Selain perlombaan tersebut, kata Heribertus, penampilan exibition memasak yang ditampilkan pejabat Polda Sumut, penampilan exibiton Jet Ski dari 9 orang profesional, bakti sosial, penaburan 25 ribu ikan dan terakhir pesta kembang api.

“Kegiatan ini juga terselenggara atas dukungan stakeholder yang ada. Bupati Simalungun, Direktur PTPN III, PTPN IV dan seluruh perusahaan swasta yang peduli akan kegiatan ini,”katanya. (rel/adi/esa)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close