Berita

Polda Sumut Turun ke Tapteng Geledah Rumah Terduga Pelaku Narkoba

FaseBerita.ID – Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut menggeledah sebuah rumah di daerah Pargadungan, Desa Tapian Nauli, Kecamatan Tapian Nauli, Tapteng, Sabtu, (22/2) malam. Informasi yang diperoleh dari warga, dar rumah bercat hijau tersebut, polisi membawa seorang pria bernama Ragil Hutagalung, anak bungsu pemilik rumah Marwan Hutagalung.

Tidak ada warga yang mengetahui barang bukti apa yang diperoleh polisi dari rumah tersebut. “Si Ragil dibawa orang itu. Anak bungsu Pak Marwan. Gak tahu, ada atau nggak barang bukti yang diambil dari rumah itu,” kata seorang perempuan yang menyaksikan kedatangan polisi dengan mengendarai tiga mobil tersebut.

Menurutnya, polisi datang sekira pukul 11.00 WIB dan menangkap Ragil. Saat itu Ragil sedang memandikan ayam dan hanya Ragil yang berada di rumah. Sementara orangtuanya sedang berada di luar kota.

“Kebetulan orangtuanya lagi ke Medan. Hanya dia (Ragil) di rumah. Pas memandikan ayamnya tadi ditangkap. Karena, memang kerjaannya sehari-hari hanya memandikan ayam, memberi makan ayam. Itulah kerjaannya,” ungkapnya.

Terkait penyalahgunaan narkoba yang disangkakan pada Ragil, seorang wanita lainnya meyakini kalau anak mantan kepala desa tersebut tidak terlibat. Meski pada kenyataannya, warga sekitar tahu kalau abang kandungnya bernama Nirwan Hutagalung sedang menjalani hukuman di Lapas Tukka, dalam kasus narkoba.

“Kalau abangnya, masih di lapas. Kalau dia ini, gak tahu apa-apa ini, gak terlibat dia ini. Tahunya hanya memberi makan ayam, memandikan ayam,” tukasnya.

Kepala Desa Tapian Nauli, Erwin Sibagariang membenarkan penggeledahan tersebut. Dia juga mengakui ada warganya yang dibawa oleh polisi. Dan penggeledahan yang dilakukan disaksikan langsung olehnya.

“Mereka (polisi) tadi ke sini, mereka tidak berani masuk ke rumah itu kalau tidak disaksikan oleh aparat pemerintahan. Setelah mereka menunjukkan surat tugas mereka, baru saya ikut. Saya saksikan rumah itu digeledah. Semua digeledah kecuali kamar Pak Marwan, kebetulan beliau lagi di Medan memang, ada satu warga saya yang dibawa atas nama Ragil Hutagalung,” ujar Erwin di kediamannya.

Menurut keterangan polisi padanya, penangkapan Ragil merupakan hasil pengembangan. Dimana menurut pelaku yang ditangkap sebelumnya, barang bukti sabu yang diperoleh polisi dibeli dari seorang pria berambut gondrong dari daerah Pargadungan. “Kebetulan, si Ragil ini berambut gondrong. Kalau kata polisi tadi, kalau ternyata tidak terbukti terlibat, mereka akan melepaskannya (Ragil),” pungkasnya.

Erwin berharap warga tenang menyikapi kejadian tersebut dan mempercayakan proses hukum kepada pihak Kepolisian. “Kita percayakan saja prosesnya kepada polisi. Yang pasti, tidak ada penculikan, saya lihat sendiri surat tugas mereka dari Polda Sumut,” tandasnya.

Terpisah, Kapolres Tapteng AKBP Sukamat yang dikonfirmasi melalui Kasat Narkoba Iptu Jobel Sinaga membenarkan penggeledahan yang dilakukan oleh Direktorat Reserse Narkoba Sumut pada sebuah rumah di daerah Pargadungan. Menurutnya, kasus tersebut masih dalam pengembangan. Terhadap Ragil, yang dibawa dari rumah tersebut, Polda punya kewenangan 6×24 jam untuk melakukan pemeriksaan.

“Ini kasus narkoba yang ditangani oleh Polda Sumut dan masih dalam pengembangan. Polda punya waktu 6 kali 24 jam,” kata Jobel memastikan kejadian tersebut. (ts)

Tags

Berita lainnya

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close