Berita

PN Simalungun Ukur Tapal Batas Kebun Balimbingan

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Jajaran Pengadilan Negeri Simalungun yang dikawal kepolisian melakukan pembuatan tapal batas 105 Hektar HGU Unit Balimbingan di Dusun Pandawa, Nagori Bahkisat.

Sebelumnya, PTPN IV Unit Balimbingan bersengketa dengan masyarakat soal tapal batas wilayah kebun. Atas sengketa tersebut, pihak kebun menemuh jalur hukum dan akhirnya perkara tersebut dimenangkan oleh pihak PTPN IV di Pengadilan Negeri Tinggi.

Oleh pengadilan, dilakukan pengukuran dan membuat tapal batas tanah HGU Balimbingan yang terletak di Nagori Bah Kisat. Camat Tanah Jawa Farolan sidauruk bersama Pangulu Nagori Bah Kisat Meslan dan Manajer Balimbingan Surya Brata membenarkan bahwa soal tapal batas HGU itu ditempuh dengan jalur hukum.

Disebutkan, dulunya wilayah lahan tersebut diatas 120 hektar, dan saat ini tinggal 105 hektar. Sisanya sudah berdiri bangunan rumah masyarakat.

Pihak kebun Balimbingan menyebutkan masih tenggang rasa untuk hunian masyarakat dengan perjanjian pinjam paka. Artinya kapan saja bisa diambil pihak kebun. Adapun jumlah masyarakat yang menempati lahan tersebut sekitar 20 kk. (bis)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button